KELANA DESA

KELANA DESA

“Memperkuat Peran Pustakawan Sekolah dalam Pengembangan Literasi Siswa Melalui Pengelolaan Perpustakaan yang Inovatif ”

 

Kelana Desa merupakan salah satu program kerja dari Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan (HMPIP) FIA UB yang dilaksanakan pada 26 April 2024 di Desa Kucur, Malang, Jawa Timur. Kelana Desa merupakan suatu program sosialisasi yang mengankat tema “Memperkuat Peran Pustakawan Sekolah dalam Pengembangan Literasi Siswa Melalui Pengelolaan Perpustakaan yang Inovatif” dengan fokus utama yaitu pada pengelolaan perpustakaan khususnya pada perpustakaan sekolah dengan tujuan untuk membantu pustakawan sekolah-sekolah di desa dalam pengoptimalan pemanfaatan perpustakaan sekolah atau pojok baca yang ada di sekolah untuk pengembangan literasi siswa. Kegiatan ini akan memberikan pemahaman yang mendalam akan bagaimana pengaruh peran pustakawan dalam peningkatan literasi siswa. Pengelolaan perpustakaan sekolah yang baik memerlukan peran kuat pustakawan sekolah yang memiliki ide-ide kreatif sehingga membuat para siswa tidak merasa bosan dengan berada di perpustakaan dan membaca buku yang tersedia.

Acara ini diawali pada pukul 11.00 WIB dimana panitia memulai perjalanan mengasyikan mereka menuju Desa Kucur setelah berkumpul terlebih dahulu di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Dengan semangat yang tinggi, panitia sampai pada Desa Kucur pada pukul 11.35 WIB dan memulai mempersiapkan area yang akan dipakai yaitu pendopo Desa Kucur. Tepat pada pukul 13.50 WIB, Akmal Setya Permana selaku MC membuka acara Kelana Desa dengan sapaan kepada perangkat desa dan juga guru-guru perwakilan dari keenam sekolah di Desa Kucur yang telah diundang. Antusiasme para guru terpancar pada wajah mereka dan sangat terasa bersemangat untuk memulai acara. Tak lupa berdoa dan langsung dilanjutkan dnegan adanya sapaan hangat oleh ketua pelaksana Nyoman Ganggadiscana M. Audady, sambutan ketua umum HMPIP 2024 Kak Deva Satria Putranto, dan juga sambutan hangat dari perangkat desa yaitu Ibu Dian.

Adapun pemaparan materi yang disampaikan oleh Bapak Mokhamad Rukhan yang berkenaan dengan pengembangan literasi pada anak di sekolah. Acara utama pun dimulai yaitu penyampaian materi, para guru serta perangkat desa pun terlihat antusias karena mereka menginginkan adanya peningkatan kesadaran dan minat literaasi pada anak murid mereka. Denga materi yang sudah disampaikan oleh Bapak Rukhan ini diharapkan ilmu-ilmu yang di sampaikan mampu diterapkan dengan maksimal di Desa Kucur. Setelah melakukan sesi pemaparan materi yang dilanjutkan dengan sesi diskusi yang membuka wawasan baru lalu dilanjutkan dengan sesi dokumentasi bersama. Kemudian waktunya untuk melakukan penutu[an acara Kelana Desa. Rasa terima kasih kami ucapkan kepada Bapak/Ibu guru serta perangkat Desa Kucur dan semua pihak yang ikut berpartisipasi dalam menyukseskan acara Kelana Desa. Dengan adanya kegiatan Kelana Desa ini diharapkan minat literasi khususunya pada murid-murid sekolah di Desa Kucur ini bisa meningkat.