Solasi (Solusi Arsip)

Solasi (Solusi Arsip)

“Menuju Arsip Berkelanjutan : Mengadopsi Transformasi Digital untuk Pengelolaan yang Efektif”

Solasi atau Solusi Arsip merupakan program kerja dari Himpunan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada perangkat desa mengenai pengelolaan arsip menuju keberlanjutan digitalisasi, serta membantu perangkat desa terkait kearsipan untuk meningkatkan potensi sumber daya yang dimiliki di desa. Pengelolaan arsip yang dilakukan kali ini bertempat di Kantor Desa Kucur Kecamatan Dau Kabupaten Malang Jawa Timur dengan mengusung tema “Menuju Arsip Berkelanjutan: Mengadopsi Transformasi Digital Untuk Pengelolaan Yang Efektif”. Fokus utama yang diberikan dari kegiatan Solasi ini ialah dengan memberikan sosialisasi kepada perangkat desa Kucur mengenai pemahaman pengelolaan arsip yang efektif dengan melakukan keberlanjutan digitalisasi.

Kegiatan ini di mulai dengan persiapan panitia Solasi (Solusi Arsip) pada pukul 07.00 WIB. Setelah panitia lengkap berkumpul maka kegiatan diawali dengan melakukan doa agar kegiatan berlangsung dengan lancar. Selanjutnya, panitia Solasi (Solusi Arsip) bersiap untuk berangkat menuju lokasi yaitu Kantor Desa Kucur. Setelah sampai di lokasi panitia mempersiapkan untuk acara selanjutnya. Pembukaan acara dimulai oleh Ara Farhana Salsabila selaku MC tepat pukul 08.15. Dilanjutkan dengan sesi sambutan oleh Ketua Pelaksana Solasi (Solusi Arsip) Maulidia Alfanda Sari, Ketua Umum HMPIP 2024 Kak Deva Satria Putranto dan Ibu Maisaroh selaku tenaga ahli kerasipan Desa Kucur.

Memasuki inti acara pada pukul 08.50 WIB dengan dilakukan pembinaan kepada perangkat desa mengenai pengelolaan dan digitalisasi arsip desa. Pemaparan materi diberikan oleh Muhammad Fakih Irhash selaku pengurus HMPIP yang menguasai di bidang tersebut. Penyampaian materi yang diberikan sangat baik dan pihak desa terlihat antusias dan memperhatikan dengan baik. Setelah pemaparan materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari perangkat desa kepada pemateri.

Rangkaian acara telah terlewat dengan lancar dan tibalah di penghujung acara, yaitu dilakukan dengan pengambilan dokumentasi bersama Perangkat desa Kucur. Kegiatan Solasi (Soluasi Arsip) telah selesai dilakukan dan di tutup dengan doa oleh Fara Farhana Salsabila selaku MC pada pukul 10.00 WIB. Dengan adacanya kegiatan ini, diharapkan agar nantinya Perangkat Desa Kucur dapat mengimplementasikan apa yang telah disampaikan yakni bagaimana cara pengelolaan kearsipan yang efektif dengan menuju ke digitalisasi keberlanjutan