LENTERA 2

“Literacy as a Platform to Improve the Quality of Children to Create Future Leaders”

             Kegiatan Lentera 2 telah terlaksana pada Sabtu,  tanggal 23 September 2023 oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan dan berlokasikan di SDN Tegalweru, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur.  Pada rangkaian ke-2 Lentera mengusung tema yaitu “Literacy as a Platform to Improve the Quality of Children to Create Future Leaders” dari tema tersebut diharapkan pada kegiatan Lentera 2 literasi sebagai tempat untuk meningkatkan kualitas peserta didik untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan di masa yang akan datang.

 

 

Kegiatan Lentera 2 memiliki beberapa rangkaian seperti ruang bercerita, menulis cita-cita, serta membuat karya sehingga pada rangkaian kali ini berfokuskan pada belajar sambil bermain. Sebelum memulai kegiatan Lentera 2,  pada pukul 06.30 WIB sampai dengan 07.00 WIB panitia berkumpul di KPRI UB untuk berangkat bersama menuju lokasi. Selang beberapa waktu, ketua pelaksana melakukan briefing kepada panitia-panitia lain dibantu dengan panitia divisi acara untuk menjelaskan ulang seperti pembagian jobdesc dan materi yang akan disampaikan kepada peserta didik selama 30 Menit.

 

 

Pada pukul 07.30 WIB MC membuka acara dengan diawali berdoa terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua pelaksana yaitu Iftitah Nur ‘Aini, ketua umum HMPIP yaitu Anriko Hesya Pramudya, dan sambutan oleh Pak Sugeng Praptono selaku kepala sekolah SDN Tegalweru hingga pukul 08.00 WIB. Sesi ruang bercerita merupakan rangkaian pertama pada Lentera 2 ini. Sesi ini dimulai pada pukul 08.30 WIB, dimana para perserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok. Mereka sangat antusias mendengarkan arahan dari panitia yang menjadi pendamping masing masing kelompok, sesi ini memakan waku kurang lebih selama 30 menit. Pada sesi ruang bercerita pendamping akan memberikan materi yang sebelumnya sudah di briefing untuk dijelaskan kembali kepada peserta didik lalu disertai contohnya seperti contoh dari sikap tanggung jawab dan jujur untuk membangun jiwa kepemimpinan mereka.

 

 

Tidak hanya berdiskusi saja, ruang bercerita juga memberikan kesempatan pada seluruh peserta didik untuk menuliskan cita-cita yang mereka inginkan di masa depan beserta alasan mereka kenapa memilih cita-cita tersebut dan jawaban mereka yang beragam membuat peserta didik lainnya bersemengat untuk menulis juga.  Setelah itu lanjut pada rangkaian games dengan estimasi waktu sekitar 30 menit dimana games tersebut dibutuhkan kekompakan dan harus fokus, nama games ini adalah ‘Sebenarnya dan Sebaliknya’. Pada sesi ini dipandu oleh panitia dan diikuti oleh seluruh peserta didik. Mereka mengikuti kegiatan dengan penuh semangat. Pada pukul 09.00 WIB kegiatan selanjutnya adalah membuat karya dimana peserta didik di dampingi oleh panitia menempelkan telapak tangan yang sudah diberi cat atau pewarna keatas banner yang sudah didesain khusus untuk hasil karya, selain menempelkan telapak tangan dengan menggunakan cat, peserta didik juga menempelkan sticky notes yang berisikan cita-cita mereka pada banner yang sama. Peserta didik sama sekali tidak terlihat lelah justru mereka semakin bersemangat mereka tertawa ketika warna yang ditempelkan pada telapak tangan mereka tidak keluar warnanya dan keseruan keseruan lainnya.

 

 

Usai rangkaian membuat karya, peserta didik membersihkan sisa cat dan kuas yang berserakan, lalu mereka duduk kembali dan MC melanjutkan acara yaitu dokumentasi. Peserta didik diarahkan untuk merapat sebelum pengambilan gambar panitia juga mengambil bagian untuk foto bersama. Selain itu diumumkan pula kelompok kelompok yang mendapatkan kategori teraktif, terkompak dan terlucu. Lalu, acara Lentera 2 ditutup oleh MC pada pukul 10.10 WIB. Dengan diadakannya Lentera 2 di SDN Tegalweru diharapkan dapat memberikan banyak manfaat kepada seluruh peserta didik yang sudah mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir, dan dengan tema kali ini peserta didik dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari hari baik dilingkungan sekolah maupun di keluarga serta menumbuhkan jiwa kepemimpinannya.