Literasi Desa VOL 1

LITERASI DESA VOL.1

“Memberdayakan Budaya Baca dan Peningkatan Kualitas Literasi Desamelalui Taman Baca”

 

 

 

Dengan mengangkat tema Memberdayakan Budaya Baca dan Peningkatan Kualitas Literasi Desa melalui Taman Baca, Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan sukses menyelenggarakan Literasi Desa Vol.1 pada tanggal 13 April 2023 di Desa Tegalweru, Malang, Jawa Timur. Literasi Desa Vol. 1, adalah suatu program sosialisasi mengenai pengelolaan perpustakaan yang memiliki tujuan utama untuk membantu masyarakat desa dalam mengembangkan dan mengoptimalkan pengelolaan serta pemanfaatan perpustakaan desa atau ruang baca yang ada di desa untuk pengembangan literasi masyarakat. Kegiatan ini akan memberikan pemahaman mengenai pentingnya sebuah perpustakaan dalam peningkatan literasi masyarakat. Pengelolaan perpustakaan yang baik dan disertakan dengan kemajuan teknologi membuat sistem perpustakaan mudah di akses, hal tersebut sangat bisa membantu peningkatan literasi masyarakat.

Bertepatan pada tanggal 13 April 2023 pukul 14.45 para mahasiswa yang memiliki semangat serta memiliki jiwa sosial yang tinggi berkumpul di Fakuktas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Mereka tak lain adalah penitia acara Literasi Desa Vol. 1 yang sedang berkumpul dan segera berangkat ke Desa Tegalweru. Setelah semua berkumpul dan berdoa untuk kelancaran acara, panitia berangkat menuju Desa Tegalweru. Sampai dengan selamat kemudian dilanjut dengan mempersiapkan acara. Tepat pada pukul 15.00, Sylvia Agustin selaku MC membuka acara Literasi Desa Vol.1 dengan sapaan kepada perangkat desa dan

 

masyarakat sekitar dari Desa Tegalweru. Antusiasme mereka semuapun meningkat, sangat terasa semangat untuk memulai acara. Tak lupa berdoa yang langsung dilanjutkan dengan sambutan ketua pelaksana Azkya Nurul Aulia, sambutan ketua umum HMPIP 2023 kak Anriko Hesya Pramudya, dan sambutan sekretasris desa Tegalweru pak Yasmadi.

 

 

 

Adapun Pemaparan materi yang sampaikan oleh Bapak Mokhamad Rukhan mengenai pengembangan literasi di desa. Kemudian pada saat acara utama dimulai yaitu penyampaian materi, warga desa serta perangkat desa cukup antusias karena mereka juga menginginkan kualitas warga desa meningkat dengan cara meningkatkan minat literasi masyarakat. Dengan pemaparan materi yang telah di sampaikan ini diharapkan ilmu-ilmu yang sudah di sampaikan bisa di terapkan di Desa Tegalweru. Dari hal-hal kecil seperti merawat dan mengelola fasilitas baca ternyata mampu memperngaruhi dampak positif terhadap literasi. Setelah selesai melakukkan pemaparan materi dan sudah melakukkan sesi diskusi yang cukup menarik, selanjutnya dilakukan sesi dokumentasi bersama. Kemudian waktunya untuk melakukan penutupan acara Literasi Desa Vol.1. Rasa terima kasih kami ucapkan kepada warga desa serta perangkat desa Tegalweru serta semua pihak yang telah berpartisipasi menyukseskan acara. Tepat pada pukul 16.45, MC menutup acara yang menandakan kegiatan telah selesai. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan minat literasi khususnya di Desa Tegalweru ini bisa meningkat, sehingga kualitas sumber daya manusia di Desa Tegalweru jugabisa meningkat.