Menulis dengan Data (META) Vol. 2

META atau Menulis dengan Data merupakan program kerja Divisi Research and Development Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Kabinet Cakrasana 2022 yang menunjang mahasiswa terkait dengan pembuatan karya ilmiah dan tugas akhir dengan tahapan awal yaitu pencarian dan pengumpulan data untuk dijadikan pembahasan dalam karya ilmiah dan tugas akhir. Program ini berjalan hingga 2 volume dengan sasaran kegiatan yaitu mahasiswa aktif baik internal maupun eksternal FIA UB. Program ini diadakan dengan tujuan untuk membimbing dan memberikan pemahaman kepada mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan terkait dengan pencarian dan pengumpulan data yang akan diaplikasikan ke dalam karya ilmiah dan tugas akhir.

Pada META Vol. 2 ini mengangkat tema “Meningkatkan Kemampuan Pengumpulan dan Pengolahan Data Kuantitatif Deskriptif Menggunakan Aplikasi SPSS” diadakan dalam bentuk web-seminar bertujuan untuk mengajak para peserta untuk berdiskusi mengenai pengumpulan dan pengolahan data kuantitatif yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 Oktober 2022 secara daring melalui Zoom Meeting. Pada META Vol. 2 kali ini berkesempatan mengundang Ibu Rahmi, Ph.D yang merupakan seorang dosen Ilmu Perpustakaan dari Universitas Indonesia sebagai narasumber. Materi pada webinar ini sesuai dengan tema “Meningkatkan Kemampuan Pengumpulan dan Pengolahan data Kuantitatif Deskriptif Menggunakan Aplikasi SPSS”. Materi ini diambil dari kebutuhan seorang peneliti untuk meningkatkan kompetensi pengolahan data kuantitatif. Penelitian sendiri adalah sebuah aktivitas untuk melakukan penjelajahan yang belum diketahui. Penelitian juga berguna untuk mempelajari hal-hal untuk membangun sebuah pengetahuan baru terhadap sesuatu yang belum diketahui.

Data kuantitatif adalah data yang berbentuk angka atau data yang bersifat numerik. Data kuantitatif juga merupakan data kualitatif yang sudah dikuantitatifkan. Data kuantitatif bisa diambil dengan beberapa jenis metode pengumpulan data seperti kuesioner dan instrumen-instrumen formal lainnya. Setelah data kuantitatif terkumpul dari instrumen pengumpulan data yang telah digunakan, selanjutnya adalah Langkah pengujian validitas dan reliabilitas dari data yang terkumpul, ini yang disebut dengan uji kualitas data. Pada sebuah penelitian, data yang terkumpul harus melewati uji validitas dan uji reliabilitas untuk menjamin akurasi dan keandalan data. Uji validitas adalah metode pengujian yang digunakan untuk proses pengukuran validitas suatu kuesioner. Suatu kuesioner disebut valid jika pertanyaan pada kuesioner mampu menjawab atau mengungkapkan sesuatu yang akan diukur oleh kuesioner tersebut. Uji reliabilitas adalah metode pengujian data yang dilakukan untuk mengukur konsistensi suatu variabel dari sebuah kuesioner. Suatu kuesioner dikatakan reliabel jika jawaban responden stabil dari waktu ke waktu.

Program SPSS atau “Statistical Package for Social Science” adalah suatu aplikasi yang membantu peneliti dalam mengolah data kuantitatif penelitian. Dengan aplikasi ini, peneliti hanya harus menyesuaikan program yang dapat diterapkan kepada penelitinya. Aplikasi SPSS adalah sebuah program computer yang digunakan untuk mengolah data dengan metode statistic tertentu. Selain Aplikasi SPSS, Microsoft Excel juga menjadi pilihan untuk mengolah data kuantitatif penelitian. Jadi peneliti harus menyesuaikan tools yang akan digunakan untuk melaksanakan pengolahan data penelitian.