BISWA 2024

BISWA

(Bincang Seputar Beasiswa)

BISWA atau Bincang Seputar Beasiswa merupakan program kerja dari Divisi Advokasi Departemen Interaksi Himpunan Prodi Ilmu Perpustakaan (HMPIP) FIA UB yang terlaksana pada hari Minggu, 08 September 2024. BISWA merupakan kegiatan seminar yang menjadi sarana bagi mahasiswa aktif Program Studi Ilmu Perpustakaan mendapatkan informasi seputar beasiswa yang ada di dunia perkuliahan. Acara ini menghadirkan 2 narasumber yang membagikan pengalaman dan pandangan mereka mengenai beasiswa terkait serta tips and trick dalam mendapatkan beasiswa di dunia perkuliahan.

Pendidikan merupakan aspek penting dalam kehidupan kita, namun terkadang akses pendidikan tinggi menjadi tantangan bagi potensi akademik beberapa orang. Beasiswa menjadi peluang bagi mahasiswa di Indonesia untuk mengampu pendidikan tinggi dan menggapai impiannya. Seminar ini bertujuan untuk memberikan informasi yang mendalam mengenai cara mempersiapkan diri, bagaimana alur untuk mendapatkan beasiswa, tips and trick, hingga apa saja manfaat yang akan didapat dari beasiswa tersebut.

Acara dimulai pukul 13.00 WIB yang diawali sambutan dan doa oleh MC Nym. G. M. Audad, kemudian dilanjutkan denga sambutan Ketua Pelaksana Haura’ Ihsannuha F, sambutan dari Ketua Umum HMPIP 2024 kak Deva Satria Putranto dan Sekretaris Program Studi Ilmu Perpustakaan Bapak Endry Putra S.I.Kom., M.I.Kom. Lalu, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari kedua pemateri yaitu kak Nadhila Qhisty Nur Shabrina selaku Ketua Paguyuban Beasiswa KSE UB 2023/2024 dan kak Inatsan Asta Rasyadi selaku penerima Djarum Beasiswa Plus yang dipandu oleh moderator Aurel Tristiana Sisilia.

Pemaparan pertama oleh kak Nadhila Qhisty Nur Shabrina yang memaparkan materi mengenai Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE) mulai dari apa saja persyaratan untuk mendaftar beasiswa KSE, apa saja kategori beasiswa yang ada, hingga apa saja benefit yang diterima mahasiswa penerima beasiswa KSE. Pemateri juga memaparkan pengalaman pribadinya sebagai penerima beasiswa KSE dan apa saja dan seperti apa persiapannya dalam mendapatkan beasiswa tersebut melalui sesi tanya jawab.

Sesi pemaparan materi kedua oleh kak Inatsan Asta Rasyadi yang dibuka dengan pemutaran video yang memperkenalkan audiens kepada Djarum Beasiswa Plus yang dilanjut dengan pemaparan bagaimana mendapatkan beasiswa Djarum dari pengalaman kak Inatsan sebagai beswan Djarum. Dipaparkan juga macam macam beasiswa yang ada, syarat pendaftaran, dan benefit seperti program-program unggulan yang dapat diikuti penerima beasiswa hingga relasi yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

BISWA terlaksana dengan sukses dengan respons positif dari peserta yang terlihat dari antusiasme 65 peserta yang menghadiri seminar. Kami berharap melalui seminar ini, mahasiswa dapat meningkatkan peluang mereka dalam mewujudkan impian dan mempermudah proses mereka dalam mendapatkan beasiswa dengan informasi dan wawasan yang telah disampaikan dalam seminar ini. Kami selaku panitia mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung kesuksesan acara serta seluruh partisipan dalam Bincang Seputar Beasiswa (BISWA) 2024.