Dialektika

Dialektika

“Ethical Dimensions of AI in Information Professions”

Dialektika merupakan salah satu progam kerja dari Divisi Inovasi Mahasiswa Departemen Pemberdayaan Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan (HMPIP) FIA UB. Dialektika adalah sebuah kegiatan berupa sharing session yang dilakukan untuk membahas topik atau  sedang hangat diperbincangkan dengan melakukan evaluasi dari perspektif Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan. Dialektika bertujuan untuk meningkatkan skill problem solving dari mahasiswa program studi Ilmu Perpustakaan terkait dengan topik atau permasalahan yang terjadi di Indonesia maupun dunia. Pada program Dialektika 2024 mengangkat tema “Ethical Dimensions of AI in Information Professions” yang artinya nanti program ini akan memberikan edukasi terkait etika AI (Artifcial Intelligence) dalam profesi informasi seperti privasi, keamanan data, dan AI (Artificial Intellegence). Kegiatan ini sudah terlaksana dengan sukses secara offline di Gedung C3.5 pada tanggal 31 Agustus 2024 pukul 09.00 sampai 10.45 WIB. Kegiatan Dialektika ini mendapat antusias dan respon yang baik dari 35 peserta. Pada rangkaian pertama terdapat pemateri yang super keren yang diundang dari Filkom yaitu Bapak Aswin Suharsono ST.MT. Pemateri Dialektika sangat mahir dan memiliki pengalaman kerja terkait bidang AI, mampu Memberikan gambaran tentang bagaimana etika AI dalam profesi informasi. 

Selanjutnya yaitu kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang dipandu langsung oleh Master of Ceremony Dialektika. Para peserta dibentuk menjadi 5 kelompok, per kelompok terdapat 5 orang. Para peserta berdiskusi mengenai studi kasus yang diberikan oleh pemateri selama 15 menit. Lalu di presentasikan didepan. 

Berikut ini merupakan salah satu contoh hasil Focus Group Discussion (FGD) dari para peserta Dialektika 2024: 

Demikian atas terlaksananya program kerja Dialektika 2024 dari divisi Inovasi Mahasiswa dan Departemen Pemberdayaan Mahasiswa. Penutup dilakukan oleh MC. Tidak lupa ditutup oleh sesi dokumentasi bersama, dan doa bersama. Semoga dengan diadakan acara Dialektika ini bisa menambah informasi tentang dunia AI (Artificial Intellegence). Kami selaku panitia Dialektika mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah mendukung dan berpartisipasi dalam program Dialektika 2024.