Advo Talk Skripsi Edition

Advo Talk Skripsi Edition

“Planning for the Future: Preparation in Developing a Thesis Plan”

Advo Talk merupakan salah satu progam agenda dari Devisi Advokasi Departemen Interaksi Himpunan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan (HMPIP) FIA UB. Advo Talk merupakan kegiatan yang dapat dijadikan sebagai sarana bagi mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan angkatan 2021-2024 untuk mengetahui lebih jelas terkait proses atau alur magang dan juga berdiskusi mengenai sistematika penulisan skripsi dengan mahasiswa angkatan atas yang telah lebih dulu menempuh magang dan skripsi. Serta memberikan wadah bagi mahasiswa baru Program Studi Ilmu Perpustakaan angkatan 2024 untuk mengetahui lebih jelas terkait alur pengisian KRS (Kartu Rencana Studi). Maka, dapat disimpulkan bahwa kegiatan Advo Talk ini terdapat tiga rangkaian yaitu diantaraya Advo Talk Magang Edition, Advo Talk Skripsi Edition, dan Advo Talk KRS Edition. Pada rangkain kedua yaitu Advo Talk Skripsi Edition mengusung tema “Planning for the Future: Preparation in Developing a Thesis Plan”. Kegiatan ini sudah terlaksana dengan sukses secara online melalui Zoom Meeting pada tanggal 25 Agustus 2024 pukul 08.00 sampai 11.52 WIB. Kegiatan Advo Talk Skripsi Edition ini mendapat antusias dan respon yang baik dari 100 peserta. Pada rangkaian Advo Talk yang kedua ini terdapat tiga pemateri yang super keren yang tentunya membahas mengenai tata cara, bimbigan, serta pandunan penulisan skripsi yang baik dan benar. Setiap pemateri menyampaikan materinya yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Pemaparan materi yang pertama disampaikan oleh Sekretaris Program Studi Ilmu Perpustakaan yaitu Bapak Endry Putra S.I.Kom.,M.I.Kom. Dipemaparan materi petama ini membahasa tentang persiapan-persiapan yang harus dilakukan sebelum memulai penulisan skripsi, contohnya seperti prasarat mengenai MK skripsi tema, pengajuan outline skripsi, pengerjaan skripsi, seminar proposal, sampai dengan ujian komprehensif dan dilanjut dengan sesi tanya jawab.

Selanjutnya memasuki pada pemateri kedua yang disampaikan oleh Kak Saufa Safety Miyasaktry selaku mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan FIA UB angkatan 2020. Dipemaparan materi kedua ini membahas mengenai step awal skripsi dan tips and trick lulus tepat waktu. 

Ditengah-tengah acara setelah melakukan sesi tanya jawab pada pemateri kedua dilakukanlah sesi ice breaking. Sesi ice breaking ini dilakukan oleh panitia dan diikuti oleh semua peserta. Sesi ice breaking kali ini sebagai pencair suasana agar tidak bosan dan tetap fun dalam mengikuti kegiatan Advo Talk Skripsi Edition 2024 ini sampai akhir acara selesai.

Selanjutnya memasuki pemaparan materi terakhir yang dipaparkan oleh Kak Rabitah Alawiah selaku mahasiswa Program Studi Ilmu Perpystakaan FIA UB Angkatan 2020. Di pemaparan materi terakhir ini membahas mengenai langkah awal penulisan skripsi, ide atau referensi skripsi, sampai dengan tips and trick penulisannya. 

Setelah pemaparan ketiga pemateri selesai, dan sesi tanya jawab sudah selesai pula,  maka acara akan ditutup oleh moderator dan MC. Tidak lupa ditutup oleh sesi dokumetasi bersama, doa serta absensi peserta. Semoga dengan diadakannya acara ini menjadikan jembatan bagi peserta khususnya mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan FIA UB angkatan 2022-2021 terkait proses dan alur penulisan skripsi yang baik dan benar. Semoga dengan diadakan acara ini bisa menambah informasi serta pengalaman terkait penulisan skripsi yang tentunya akan berguna di masa yang akan datang. Kami selaku panitia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung dan berpartisipasi dalam program Advo Talk Skrispi Edition 2024.

Berikut ini merupakan Press Release Advo Talk Skripsi Edition yang sudah dilaksanakan pada Minggu, 25 Agustus 2024 melalui Zoom Meeting

🔗 https://bit.ly/PressRelease_AdvoTalkSkripsiEdition

Untuk notulensi, PPT, dan record zoom bisa diakses melalui link diatas ya. Semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semua.