PELITA Vol. 1

PELITA

(PROGRAM KREASI LITERASI ORANG TUA DAN ANAK)

Vol. 1 “Digital Parenting Awareness : Learn Platforms for Guiding Kids in Digital World”

Program Kreasi Literasi Orang Tua dan Anak vol. 1 atau biasa disebut PELITA vol. 1 adalah satu program kerja unggulan dari Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan (HMPIP) FIA UB. Bentuk kegiatan dari program kerja ini yaitu menyelenggarakan PELITA 1 dengan mengundang pemateri dari Duta Psikologi Universitas Brawijaya untuk menyampaikan sosialisasi kepada wali murid mengenai pentingnya parenting terkait pencegahan dampak negatif teknologi digital. Kegiatan ini ditargetkan untuk wali murid kelas 5 SDN 1 Kucur.

Literasi digital sebagai upaya pencegahan dampak negatif dalam teknologi digital pada anak. Orang tua memiliki peran sebagai pengajar utama dengan kepemilikan tanggung jawab yang besar untuk membentuk dan membina anak-anak secara fisik dan psikologi. Maka dari itu, sebagai wujud kepedulian kami terhadap literasi digital, HMPIP FIA UB menyelenggarakan kegiatan PELITA 1 dengan tema, “Digital Parenting Awareness : Learn Platforms for Guiding Kids in Digital World”. Harapannya, kegiatan PELITA 1 dapat memberikan wawasan baru kepada wali murid untuk lebih peduli dengan penerapan literasi digital yang tepat dan keterlibatan aktif orang tua dalam pengawasan penggunaan gadget, dampak negatif dari teknologi digital dapat diminimalkan. Orang tua memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan bahwa anak-anak mereka tumbuh dalam lingkungan yang sehat, baik secara fisik maupun psikologis di era digital ini.

Kegiatan PELITA vol. 1 diselenggarakan pada hari Kamis, 22 Agustus 2024 secara luring di SDN 1 Kucur. Kegiatan ini dimulai dari kedatangan peserta pada pukul 12.30 WIB, lalu acara pembukaan dibuka oleh saudari Aurel Tristiana Sisilia selaku MC pada pukul 13.00 WIB dengan membaca doa bersama. Dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Pelaksana, Ketua Umum HMPIP 2024, dan Kepala Sekolah dari pukul 13.15 WIB hingga pukul 13.30 WIB.

Setelah sesi pembukaan selesai, rangkaian acara selanjutnya yaitu pemaparan materi dan sesi tanya jawab, materi di sampaikan oleh saudara Rafi Adli Suryatmaja selaku Putra Psikologi Universitas Brawijaya. Saudara Rafi Adli Suryatmaja menyampaikan materi mengenai literasi digital sebagai upaya pencegahan dampak negatif dalam teknologi digital pada anak. Orang tua memiliki peran sebagai pengajat utama dengan kepemilikan tanggung jawab yang besar untuk membentuk dan membina anak-anak secara fisik dan psikologi.

Acara inti telah selesai, memasuki acara penutupan yaitu penyerahan sertifikat kepada pemateri, serta sesi dokumentasi bersama seluruh peserta. Acara ditutup oleh saudari Aurel Tristiana Sisilia selaku MC. Ucapan terimaksih kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam kegiatan PELITA vol. 1, kepada pemateri yang telah menyampaikan materi yang sangat bermanfaat kepada kami, dan kepada seluruh panitia yang telah memberikan waktu dan tenaganya untuk kelancaran program PELITA vol. 1 2024