HMPIP Goes To School

HMPIP Goes To School

“Exploring Interactive Adventure: The World of Library Science”

HMPIP Goes To School merupakan kegiatan berkunjung ke SMA/SMK/MA yang bertujuan untuk mengenalkan Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya. Bentuk kegiatan dari program ini adalah sosialisasi ke SMAN 10 Malang. Pada kegiatan class to class ini kami mendatangkan 8 narasumber dimana masing-masing kelas berisikan 2 narasumber dari Mahasiswa angkatan 2021 Program Studi Ilmu Perpustakaan FIA UB yang akan memberikan gambar apa saja yang dipelajari hingga prospek apa yang akan didapatkan untuk kedepannya dan memberikan gambaran jalur masuk atau cara apa saja yang bisa dilakukan agar dapat diterima di Program Studi Ilmu Perpustakaan FIA UB.

Dunia Ilmu Perpustakaan memainkan peran penting dalam membangun fondasi literasi masyarakat yang kuat. Namun, seringkali pemahaman tentang peran dan kontribusi ilmu perpustakaan masih kurang dimengerti secara luas. Oleh karena itu, pada kesempatan ini Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan (HMPIP FIA UB) melaksanakan program ini dengan tema “Exploring Interactive Adventure: The World of Library Science“. Program agenda ini bertujuan untuk menghadirkan pengalaman yang menarik dan interaktif bagi siswa dalam memahami peran dan potensi Program Studi Ilmu Perpustakaan FIA UB. Melalui serangkaian kegiatan yang menarik dan inovatif, program ini bertujuan untuk mengubah persepsi tentang perpustakaan menjadi tempat yang lebih dari sekadar tempat penyimpanan buku, namun juga sebagai pusat pengetahuan dan inovasi yang dinamis.

HMPIP Goes To School ini diselenggarakan pada hari Jum’at, 23 Agustus 2024 di SMAN 10 Malang. Kegiatan ini dimulai dari persiapan dan briefing panitia dari pukul 06.00 hingga 06.40 WIB. Lalu pada pukul 06.40 sampai 06.45 WIB dilanjutkan dengan mobilisasi pemateri menuju kelas masing-masing yang telah ditentukan oleh panitia. Adapun sesi pengenalan pemateri dan ice breaking sebagai pembukaan yang dimulai pada pukul 06.45 sampai 06.50 WIB. Selanjutnya masuk ke acara inti yaitu penyampaian materi oleh 8 narasumber yang dimana masing-masing kelas berisikan 2 narasumber dari Mahasiswa angkatan 2021 Program Studi Ilmu Perpustakaan FIA UB. Sesi penyampaian materi berlangsung dari pukul 06.50 hingga 07.10 WIB.

Ada pula sesi tanya jawab dari pukul 07.10 hingga 07.30 WIB guna memberikan kesempatan kepada siswa memahami lebih lanjut terkait program Studi Ilmu Perpustakaan FIA UB melalui pertanyaan-pertanyaan yang mereka ajukan kepada pemateri. Sesi terakhir yaitu penutupan dan dokumentasi bersama seluruh peserta, panitia, dan pemateri.  Ucapan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam kegiatan HMPIP Goes To School, kepada pemateri yang telah berbagi pengalaman dan dedikasinya kepada kami, dan kepada seluruh panitia yang telah memberikan waktu dan tenaganya untuk kelancaran program agenda HMPIP Goes To School 2024.