VISUAL VENTURE

VISUAL VENTURE

“Unlocking Creative Potential in Graphic Design”

Visual Venture atau biasa disingkat dengan VV merupakan satu – satunya program kerja dari Departemen Media dan Ekonomi Kreatif, tepatnya dari Divisi Media dan Informasi dari Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan (HMPIP) FIA UB 2024 Kabinet Seraya Kelana. Program kerja ini mengangkat tema “Unlocking Creative Potential in Graphic Design”, dengan bentuk kegiatan berupa workshop mengenai desain grafis pada aplikasi canva, yang ditujukan kepada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi dan juga Masyarakat Umum khususnya Mahasiswa Malang. Program kerja ini bertujuan untuk memberikan wadah serta menambah wawasan dan portofolio kepada para audiens yang memiliki minat dan passion pada bidang desain grafis serta diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat umum pada program – program HMPIP 2024 Kabinet Seraya Kelana.

Program kerja ini dilaksanakan pada hari Minggu, 2 Juni 2024 bertempat di Ruang Kelas 2.1 Lantai 2 Gedung E Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Kegiatan ini dimulai dari open gate peserta pada pukul 08.30 WIB, lalu dilanjutkan dengan pembukaan acara pada pukul 09.00 WIB serta dilanjutkan dengan pembacaan do’a yang keduanya dipandu oleh Nisrina Farhah Madina selaku Master of Ceremony kegiatan ini. Adapun sesi sambutan yang pertama yaitu dari saudari Ninik Puja Dewi Ismawati selaku Ketua Pelaksana Visual Venture, dan yang kedua dari saudara Deva Satria Putranto selaku Ketua Umum HMPIP 2024 FIA UB.

Setelah sesi sambutan selesai, rangkaian acara selanjutnya yaitu MC Time, dimana MC membacakan tata tertib selama acara berlangsung dan membacakan CV serta memperkenalkan Moderator acara yaitu Alya Cahya Camilla, yang akan memandu sesi selanjutnya yaitu sesi pemaparan materi. Pada sesi ini, materi yang dipaparkan dijelaskan oleh Bapak Lazuardi selaku pemateri yang menjelaskan tentang Fundamental Desain, yang berfokus pada elemen – elemen desain termasuk visual hirarki, serta kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pemula dalam menggunakan aplikasi Canva. Sesi ini berlangsung selama 25 Menit dan berakhir pada pukul 09.55 WIB.

Acara yang selanjutnya yaitu sesi tanya jawab yang berlangsung dari pukul 09.55 WIB hingga 10.10 WIB. Pada sesi ini peserta diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan langsung kepada pemateri mengenai materi tang telah dipaparkan, dan terdapat 12 pertanyaan yang telah diajukan oleh para peserta. Setelah sesi ini selesai, acara dilanjutkan dengan sesi praktik yang dimulai dari pukul 10.10 WIB hingga 11.00 WIB dengan durasi 50 Menit dikarenakan para peserta harus mempraktikkan contoh yang telah diberikan ditempatnya masing – masing. Untuk me-refresh suasana forum, maka kami adakan sesi Ice Breaking yaitu sesi games yang dipandu oleh Nisrina Farhah Madina selaku MC acara. Bentuk games pada sesi ini yaitu tebal judul lagu, dimana kami akan memutar potongan lagu selama beberapa saat dan para peserta akan mencoba menebak judul lagu atau penyanyi lagu tersebut. Sesi ini berlangsung selama 15 menit dan berakhir pada pukul 11.15 WIB.

Setelah acara inti selesai, rangkaian acara selanjutnya yaitu acara penutupan yang dimulai dengan penyerahan sertifikat dan vandel sebagai bentuk penghargaan kepada Bapak Lazuardi yang telah bersedia menjadi narasumber acaraacara ini, serta sesi dokumentasi bersama seluruh peserta. Kemudian acara ditutup oleh saudari Nisrina Farhah Madina selaku MC. Ucapan terima kasih kami berikan kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam kegiatan Visual Venture, kepada pemateri yang telah berbagi ilmu dan dedikasinya kepada kami, serta kepada seluruh panitia yang telah memberikan waktu dan tenaganya untuk kelancaran program Visual Venture.