WEBINAR INTERNASIONAL

WEBINAR INTERNASIONAL

“Conceptual Transformation and Management Practices in the Knowledge Organization Systems of LAMs: Libraries, Archives, and Museums”

Sesi Dokumentasi Webinar Internasional

Webinar Internasional atau biasa disebut Webinter adalah salah satu program kerja unggulan dari Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan (HMPIP) FIA UB. Bentuk kegiatan dari program kerja ini yaitu menyelenggarakan Webinar Internasional dengan mengundang pemateri luar negeri dan dalam negeri untuk mengeksplorasi dan mengembangkan praktik-praktik terbaik dalam manajemen dan transformasi informasi dalam LAMs, serta sebagai pusat pengetahuan dan informasi yang berbasis masyarakat dan dapat memberikan kontribusi penting bagi pengembangan masyarakat, pendidikan, dan penelitian. Kegiatan ini ditargetkan untuk mahasiswa pada umumnya dan masyarakat pada khususnya.

Transformasi konsep pada sistem pengorganisasian LAMs mencakup perubahan dalam cara pengelolaan, pengorganisasian, dan akses terhadap koleksi. Konsep pengelolaan yang tradisional berfokus pada pengumpulan, pengarsipan, dan katalogisasi koleksi. Namun, dalam era digital dan terkoneksi, pengelolaan LAMs telah meluas ke ranah digitalisasi, metadata, dan teknologi informasi. Hal ini memungkinkan akses yang lebih mudah dan lebih luas terhadap informasi dan benda-benda budaya yang disimpan oleh LAMs. Maka dari itu, sebagai wujud kepedulian kami terhadap LAMs, HMPIP FIA UB menyelenggarakan kegiatan Webinar Internasional dengan tema, “Conceptual Transformation and Management Practices in the Organization System of LAMs: Libraries, Archive, and Museums”. Harapannya, kegiatan Webinar Internasional ini dapat memberikan wawasan baru kepada para peserta, mempromosikan penggunaan teknologi dan inovasi dalam pengelolaan institusi budaya, serta membangun kesadaran dan minat masyarakat terhadap pentingnya LAMs.

Kegiatan Webinar Internasional diselenggarakan pada hari Sabtu, 25 Mei 2024 secara hybrid yang dimana panitia bertempat di Lab Governance lantai 6 Gedung E Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya dan bagi peserta maupun pemtaeri bertempat di tempat tinggal masing-masing.. Kegiatan ini dimulai dari open gate peserta pada jam 07.30 WIB, lalu acara pembuakaan dibuka oleh saudari Nyoman Ganggadiscana Maitraya Audady selaku MC pada jam 08.00 WIB. Dilanjutkan dengan pembacaan do’a dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Adapun sesi sambutan yang pertama yaitu dari saudari Nevy Kumala Sari selaku Ketua Pelaksana Webinar Internasional, yang kedua sambutan dari saudara Deva Satria Putranto selaku Ketua Umum HMPIP FIA UB, yang ketiga sambutan dari Ibu Dr. Farida Nurani, S.Sos.,M.Si. selaku Ketua Program Studi Ilmu Perpustakaan FIA UB, dan yang terakhir dari Bapak Prof. Drs. Andy Fefta Wijaya,MDA.,Ph.D. selaku Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

Sesi Penyampaian Mteri Pertama

Setelah sesi pembukaan selesai, rangkaian acara selanjutnya yaitu pemaparan materi pertama dan sesi QnA. Pada sesi ini ada saudari Nisrina Farhah Madina selaku moderator yang bertugas untuk memandu jalannya sesi inti. Materi pertama akan disampaikan oleh pemateri dari luar negeri yang telah memiliki banyak pengalaman dan beberapa jurnal yang diterbitkan mengenai LAMs, beliau yaitu Bapak Assoc. prof. Ahmad Zam Hariro bin Samsudin, Ph.D. dari Universiti Teknologi MARA Malaysia.

Sesi Ice Breaking

Untuk meningkatkan semangat para peserta yang telah melewati sesi pemaparan materi yang pertama, maka kami adakan break session yang diisi dengan games. Dalam makanisme games ini dipandu oleh MC. Bentuk games nya yaitu berupa tebak judul lagu, yang dimana kami akan memberikan clue melalui sebuah gambar yang kemudian apabila gambar tersebut digabungkan akan tersusun sebuah judul lagu.

Sesi Penyampaian Materi Kedua

Setelah sesi ice breaking selesai, dilanjutkan dengna rangkaian acara selanjutnya yaitu pemaparan materi yang kedua dan sesi QnA. Materi kedua akan disampaikan oleh pemateri dari dalam neegri yang telah memiliki banyak jabatan profesional di bidang perpustakaan dan beliau juga pernah menjadi Kepala Perpustakaan Universitas Brawijaya, beliau yaitu Ibu Dra. Welmin Sunyi Ariningsih,M.Lib. yang saat ini menjadi Dosen Luar Biasa program studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

Acara inti telah selesai, memasuki acara penutupan yaitu penyerahan sertifikat kepada kedua pemateri dan moderator, serta sesi dokumentasi bersama seluruh peserta. Acara ditutup oleh saudari Nyoman Ganggadiscana Maitraya Audady selaku MC. Ucapan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah berpartsisipasi dalam kegiatan Webinar Internasional, kepada pemateri yang telah berbagi pengalaman dan dedikasinya kepada kami, dan kepada seluruh panitia yang telah memberikan waktu dan tenaganya untuk kelancaran program Webinar Internasional 2024.