Workshop

Workshop

“Optimizing Library Science With Innovative Learning Strategies”

Pada hari Sabtu – Minggu tanggal 18 – 19 Mei 2024 telah terlaksana Workshop yang bertemakan “Optimizing Library Science With Innovative Learning Strategies”. Tema ini diangkat karena strategi pembelajaran dalam Workshop yang inovatif cenderung lebih interaktif dan menarik bagi mahasiswa karena terdapat praktik mengenai mata kuliah yang diajarkan. Dengan menerapkan strategi-strategi ini, Workshop akan meningkatkan partisipasi aktif dan keterlibatan mahasiswa, sehingga proses belajar menjadi lebih efektif dan menyenangkan. Di Workshop ini, dosen pemateri menjelaskan materi lebih mendalam mengenai mata kuliah tertentu yang dipilih melalui survei yang disebarkan kepada mahasiswa program studi Ilmu Perpustakaan angkatan 2022 dan angkatan 2023.

 

Kegiatan workshop ini berlangsung dalam dua rangkaian yaitu untuk angkatan 23 di hari pertama dan untuk angkatan 22 pada hari kedua yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta workshop mengenai materi dan praktik mata kuliah Ilmu Perpustakaan tertentu. Dengan mengundang dosen Ilmu Perpustakaan dari Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya sendiri yang sesuai dengan mata kuliah yang diambil, kegiatan Workshop ini diharapkan mampu menambah pemahaman peserta mengenai mata kuliah tertentu dengan jelas baik dari penyampaian materi maupun pelaksanaan praktik

Acara ini diadakan secara luring dengan bertempat di Gedung C Ruang C3.5 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang dipandu oleh Eldora Kholisah selaku MC. Acara dibuka dengan sambutan oleh ketua pelaksana lalu dilanjut oleh sambutan dari Ketua Umum HMPIP yakni kak Deva Satria Putranto dan yang terakhir adalah sambutan oleh Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan yaitu Ibu Farida Nurani, S.Sos., M.Si. yang kemudian dilanjut dengan pemaparan materi dan juga praktik. Pemateri Workshop pada hari pertama yaitu bapak Nurjati Widodo, S.AP., M.AP. yang merupakan dosen mata kuliah tata Kelola informasi dari prodi Ilmu Perpustakaan FIA UB sendiri. Secara garis besar bapak Nurjati Widodo, S.AP., M.AP. menjelaskan mengenai Hakikat Tata Kelola Informasi dan Tata Kelola Informasi dalam pendekatan Ilmu Informasi dan Perpustakaan. Pemateri Workshop pada hari kedua yaitu bapak Bayu Indra Pratama, S.I.Kom., M.A. yang merupakan dosen mata kuliah bibliometrika dari prodi Ilmu Perpustakaan FIA UB juga. Secara garis besar bapak Bayu Indra Pratama, S.I.Kom., M.A. menjelaskan mengenai Pengantar Bibliometrika dan Peran Bibliometrika dalam prodi Ilmu Perpustakaan.

Setelah 30 menit pemaparan materi dan 45 menit pelaksanaan praktik, kegiatan workshop dilanjut dengan sesi tanya jawab dengan pemateri. Peserta mengikuti acara ini dengan tertib dari awal sampai akhir. Kemudian, kegiatan ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada pemateri dan dilanjut dengan sesi dokumentasi dan penutup. Dengan adanya kegiatan Workshop ini diharapkan mahasiswa aktif Ilmu Perpustakaan angkatan 22 dan angkatan 23 mendapatkan pemahaman yang lebih jelas mengenai mata kuliah tata kelola informasi dan bibliometrika. Selain itu, melalui kegiatan ini juga peserta menjadi lebih bersemangat untuk terus mempelajari apa yang kurang mereka mengerti dan mengimplementasikan apa yang sudah mereka dapat dari pelaksanaan praktik pada kegiatan Workshop ini.