SLUR (SAMBANG DULUR) VOL. 1

SLUR (SAMBANG DULUR) VOL. 1

Dalam Harmoni, Kita Mewujudkan Banyak Hal

HMPIP FIA UB X HMPS PII UINMA

Exploring Collaborative Solutions To Achieve Common Goals

SLUR (Sambang Dulur) merupakan program kerja unggulan dari Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan (HMPIP) FIA UB dengan bentuk kegiatan kunjungan HMPIP ke himpunan atau organisasi lain di Universitas Brawijaya maupun universitas lain untuk saling bertukar informasi terkait program kerja dari masingmasing himpunan atau organisasi yang dilaksanakan pada Sabtu, 11 Mei 2024. Pada Sambang Dulur Vol.1 kali ini HMPIP FIA UB tepatnya program kerja yang diselenggarakan oleh divisi Eksternal berkolaborasi dengan HMPS PII UINMA oleh divisi Humas dan Enterpreneur. Kegiatan Sambang Dulur X Studi Banding kali ini dilaksanakan di Auditorium Gedung D Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Sambang Dulur diharapkan mampu menjalin relasi dan hubungan keakraban kepada himpunan atau organisasi lain di Universitas Brawijaya maupun universitas lain mahasiswa dilingkup Universitas Brawijaya dan di luar Universitas Brawijaya. Selain itu, menjalin kerja sama antar himpunan atau organisasi Serta, menambah referensi terkait program kerja dari himpunan atau organisasi lain yang memungkinkan untuk diterapkan oleh pihak HMPIP FIA UB.

Pada kolaborasi kegiatan kali ini HMPIP FIA UB dan HMPS PII UINMA mengusung tema Exploring Collaborative Solutions To Achieve Common Goals dengan fokus acara ini diharapkan seluruh mahasiswa himpunan dari HMPIP dan HMPS PII dapat memahami mengenai tantangan dan hambatan yang dihadapi oleh dunia organisasi, serta bagaimana Kerjasama mampu membantu dalam menemukan solusi yang inovatif dan mengembangkan ide-ide kreatif lainnya  untuk merespons tantangan tersebut. Selain itu, kolaborasi ini juga bertujuan untuk memperkuat hubungan interpersonal antar mahasiswa, yang pada akhirnya akan membentuk jaringan yang solid dan suportif. Melalui sesi forum group discussion, para peserta akan belajar bagaimana membangun komunikasi yang efektif, mendengarkan dengan empati, dan menyelaraskan tujuan-tujuan pribadi dengan tujuan bersama.

Kegiatan Sambang Dulur dimulai sejak mentari pagi bersinar di hari Sabtu, 11 Mei 2024 pukul 06.45 WIB panitia memulai perjalanan menuju lokasi di Auditorium Gedung D Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, setalah berkumpul dan briefing terlebih dahulu di Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya. Dengan penuh kebahagiaan dan semangat panitia sampai di lokasi pukul 07.11 WIB dan mulai mempersipkan area dari kesiapan ruangan, hingga latihan MC (Master of Ceremony). Pada pukul 08.00 WIB, acara mulai ditandai dengan Hanina Izzaty dan Haryu Ridho Mukti membuka acara dengan salam kepada dosen pembimbing UB dan UINMA, serta seluruh peserta Sambang Dulur X Studi Banding yang hadir.

Gelak tawa dan ceria terpancarkan pada seluruh peserta, dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh petugas, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne UB, serta Hymne UINMA. Tidak lupa juga sesi sambutan dilakukan oleh ketua pelaksana Sambang Dulur, saudara Akmal Setya Permana, sambutan ketua pelaksana Studi Banding oleh Muhammad Ali Muzzaki, dilanjutkan sambutan ketua umum HMPIP saudara Deva Satria Putranto, sambutan ketua umum HMPS PII saudara Priaji Dewa Sasikirana, serta sambutan hangat dihaturkan oleh dosen pendamping kegiatan Sambang Dulur oleh Bapak Endry Putra, S.I.Kom., M.I.Kom. , dan dosen pendamping kegiatan Studi Banding oleh Ibu Nita Siti Mudawamah, M.IP.

     

Penyampaian grand desain dilakukan sebagai output kegiatan dengan upaya saling mengetahui program kerja dari masing-masing organisasi dimulai oleh ketua umum HMPIP FIA UB 2024 yang memaparkan program kerja dan agenda unggulan dari Kabinet Seraya Kelana sekaligus mempromosikan kegiatan-kegiatan yang berpotensi melibatkan serta membutuhkan partisipasi dari pihak diluar HMPIP FIA UB. Selain itu, penyampaian grand desain dilakukan juga oleh ketua umum HMPS PII UIN Maulana Malik Ibrahim dengan kabinet yang baru saja mereka dirikan. Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh seluruh peserta mengenai program-program yang ketua umum HMPIP dan HMPS PII bawakan dalam pemaparan mereka sebelumnya sebagai bentuk timbal balik.

Pada pukul 10.01 WIB panitia mulai melakukan mobilisasi dari kegiatan penyampaian dan sesi tanya jawab grand desain  menuju ruang forum group discussion sesuai dengan klasifikasi divisi antara HMPIP dan HMPS PII yang selanjutnya tepat pukul 10.11 WIB sesi forum group discussion dimulai dengan diskusi antar divisi untuk bertukar informasi, dan ide-ide kreatif, tantangan-tantangan organisasi, hingga jalannya program kerja yang para peserta laksanakan. Setelah itu, pada pukul 11.11 satu jam setelah sesi FGD berlangsung, tiba juga saatnya waktu ishoma seluruh peserta mobilisasi untuk keluar dari ruang FGD menuju tempat sholat, dan istarahat sejenak untuk menikmati konsumsi.

Pasca kegiatan yang padat pada sesi-sesi sebelumnya, untuk menambah semangat pukul 11.41 WIB panitia memulai sesi games untuk membangun suasana yang penuh semangat dan antusias serta menciptakan suasana yang menyenangkan yang diikuti seluruh peserta. Suara tawa riang terdengar didalam ruangan menandakan keseruan games berjalan dengan baik. Dilanjutkan dengan penyerahan hadiah yang diambil dari 2 tim teratas skor tertinggi.

Kegiatan hampir usai, penandatanganan dan pembacaan RKJP (Rancangan Kerjasama Jangka Pendek) dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan (HMPIP) dan Himpunan Mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi (HMPS PII) sebagai bentuk outcome atas hasil dari kegiatan Sambang Dulur Vol.1 yaitu menjalin kontrak Kerjasama antara kedua belah pihak yang bersangkutan sekaligus untuk memperkuat tali silahturahmi.

Selanjutnya, penyerahan plakat sebagai simbolis menandakan berakhirnya acara inti kegiatan Sambang Dulur Vol.1 X Studi Banding di Auditorium Gedung D Fakutas Sains dan Teknologi, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang oleh Ketua Umum HMPIP FIA UB saudara Deva Satria Putranto, dan Ketua Umum HMPS PII UINMA saudara Priaji Dewa Sasikirana.

Memasuki sesi dokumentasi dan take vidio konten tiktok diikuti oleh seluruh peserta Sambang Dulur Vol.1 dan Studi Banding untuk mendapatkan bukti saat acara sedang berlangsung, dan membagikan momen kebersamaan serta keseruan HMPIP FIA UB dan HMPS PII UINMA. Hanina Izzaty dan Haryu Ridho Mukti selaku MC (Master of Ceremony) menutup acara Sambang Dulur secara resmi berakhir.

 

Terima Kasih