Perpus To – Go

Perpus To – Go

Halo, semuanya! Apa kabar? Kembali lagi bersama Perpus To – Go 2024!  Sebelumnya bagi yang belum tahu, Perpus To – Go merupakan program kerja yang dilakukan oleh angkatan aktif mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya dalam mengimplementasikan pemahamannya di bidang Ilmu Perpustakaan, Ilmu Informasi, dan Kearsipan dalam bentuk penelitian dan juga pengabdian. Program kerja ini dilaksanakan oleh divisi Inovasi Mahasiswa dari Departemen Pemberdayaan Mahasiswa HMPIP FIA UB 2024. Pada tahun ini, Perpus To – Go mengambil tema yang berkaitan dengan kearsipan dan melakukan penelitian di Gedung Depot Arsip Kota Malang. Sebelum melakukan kunjungan pertama untuk penelitian, para peserta melakukan sesi konsultasi dan bimbingan mengenai proposal penelitian bersama dosen pembimbing yaitu Bapak Endry Putra S.I.Kom., M.I.Kom.

Setelah melakukan konsultasi dan bimbingan pertama dengan Bapak Endry selaku dosen pembimbing di hari Kamis, 25 April 2024. Peserta dan panitia melakukan kunjungan pertama ke Gedung Depot Arsip Kota Malang yang terletak di Jl. Bingkli No.1, Ciptomulyo, Kec. Sukun, Kota Malang. Kegiatan kunjungan pertama terlaksana pada hari Senin, 29 April 2024. Rangkaian kegiatan yang dilakukan berupa sesi wawancara dengan narasumber yaitu Bapak Wahyu Hariyanto, SH. M. Si. selaku Kepala Bidang Pengelola Arsip, peserta juga melakukan wawancara dengan staff pengelola arsip terkait dengan pertanyaan yang sudah disiapkan untuk memenuhi kelengkapan proposal penelitian. Setelah melakukan wawancara, peserta diajak bersama dengan staff pengelola arsip disana untuk berkeliling diperkenalkan jenis area atau ruangan dan fungsinya yang berada di dalam Gedung Depot Arsip Kota Malang.

Dilanjutkan pada hari Kamis, 2 Mei 2024, peserta dan panitia melakukan kunjungan kedua ke gedung Depot Arsip Kota Malang, yaitu kegiatan wawancara untuk melengkapi pertanyaan dari proposal penelitian yang telah dibuat oleh peserta dengan judul “Implementasi Pengelolaan Arsip Digital Di Depot Arsip Kota Malang” dan penjelasan bagaimana praktik pengelolaan arsip dilakukan. Staff pengelola disana menunjukkan bagaimana cara membentuk kardus arsip, serta menujukkan bagaimana cara mengelola arsip baik secara fisik maupun arsip digital. Peserta memperagakan cara melipat kardus arsip, dipertunjukkan bagaimana staff pengelola arsip disana bekerja, serta diperlihatkan bagaimana cara mengelola arsip digital melalui website https://srikandi.arsip.go.id/. Selanjutnya, kegiatan ditutup dengan dokumentasi bersama dengan seluruh staff disana.

Kegiatan selanjutnya,  terlaksana di hari Sabtu, 4 Mei 2024, peserta melakukan sesi konsultasi dan bimbingan proposal penelitian kedua untuk merevisi dari penelitian yang disusun sebelumnya secara langsung bersama dengan Bapak Endry Putra S.I.Kom., M.I.Kom selaku dosen pembimbing. Kegiatan ini dilaksanakan pada jam 6 sore, yang bertempat di Café Kurang Lebih Dinoyo, Malang. Peserta dan Bapak Endry membahas penelitian yang sudah disusun dimulai dari bab pertama, rumusan masalah hingga bab terakhir dari proposal penelitian. Dihadiri oleh beberapa perwakilan peserta dan panitia untuk kegiatan bimbingan proposal penelitian yang kedua ini. Terakhir, kegiatan ditutup dengan kunjungan terakhir ke gedung Depot Arsip Kota Malang pada hari Senin, 6 Mei 2024 untuk penyerahan vandel sebagai bentuk penghargaan kepada Bapak Wahyu Hariyanto, SH. M. Si. selaku Kepala Bidang Pengelola Arsip di gedung Depot Arsip Kota Malang yang telah bersedia menjadi narasumber. Diakhiri dengan dokumentasi bersama.

 

Dengan adanya kegiatan Perpus To – Go ini diharapkan dapat memberikan ilmu pengetahuan, wawasan dan pengalaman yang bermanfaat baik itu untuk peserta, panitia dan semua pihak yang telah terlibat.