Perpus To Go

Perpus-To-Go

Hai semua, sudah pada tahu belum sih tentang Perpus-To-Go? Perpus-To-Go merupakan program kerja dari Departemen Pemberdayaan Mahasiswa HMPIP FIA UB 2023 yang memiliki dua kegiatan yaitu penelitian dan pengabdian. Penelitian dilaksanakan di Lapas Kelas 1 Kota Malang dan bersama 5 anggota peneliti dengan memfokuskan tentang perpustakaan dan kearsipan yang dikelola oleh Lapas Kelas 1 Kota Malang. Kunjungan pertama tim penelitian dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 2023 untuk mengetahui kearsipan yang dikelola oleh Lapas Kelas 1 Kota Malang, dan kunjungan kedua tim peneliti bersama panitia Perpus-To-Go dilaksanakan pada tanggal 27 Mei 2023 untuk mempelajari lebih dalam mengenai pengelolaan koleksi yang ada di perpustakaan Lapas Kelas 1 Kota Malang. Lalu hasil dari penelitian tersebut dituangkan dalam sebuah proposal hasil penelitian yang berjudul “Analisis Kegiatan Preservasi Koleksi Bahan Pustaka”.

Gambar 1. Penelitian kearsipan yang dilakukan oleh Lapas Kelas 1 Kota Malang

 

Gambar 2. Penelitian pengelolaan yang berada di Perpustakaan Lapas Kelas 1 Kota Malang

 

Kegiatan selanjutnya yaitu pengabdian yang bertemakan “The Library Missed Us” ini memiliki 15 Volunteer yang berpartisipasi. Pengabdian yang dilakukan oleh para Volunteer ini yaitu dengan mengklasifikasi buku dan yang tidak kalah seru yaitu adanya pembuatan taman baca pada area Fadel Muhammad Resources Center. Kegiatan pengklasifikasian buku disertasi untuk UB Jakarta dilaksanakan pada tanggal 25 Mei 2023 bersama-sama di Pendopo dan Basement Gedung A Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Lalu dilanjutkan dengan pembuatan taman baca untuk menata segala barang yang sudah disiapkan ke Fadel Muhammad Resources Center yang dilaksanakan pada tanggal 1 September 2023 dengan tujuan untuk menarik minat kunjungan mahasiswa terutama mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi. 

Gambar 3. Pengarahan klasifikasi buku

 

Gambar 4. Hasil Taman Baca

Dengan adanya kegiatan penelitian dan pengabdian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi semua pihak dengan mendapatkan wawasan baru dan taman baca dapat dipergunakan sebaik mungkin.