SLUR (SAMBANG DULUR) 2

 SLUR (SAMBANG DULUR) 2
HMPIP FIA UB × PSP UNAIR
“The Kinship Created by Library Science without being Hindered by Distance”

Kegiatan SLUR (SAMBANG DULUR) 2 merupakan rangkaian lanjutan dari SLUR (SAMBANG DULUR) 1 sekaligus menjadi rangkaian terakhir dari program kerja SLUR (SAMBANG DULUR). Kekeluargaan merupakan sebuah unsur penting dalam pondasi suatu organisasi. Adanya rasa kekeluargaan yang muncul dalam organisasi akan memunculkan rasa kebersamaan, loyalitas, dan solidaritas yang secara tidak langsung dan tanpa sengaja akan mempererat hubungan kekerabatan dan rasa memiliki antarindividu dalam suatu organisasi. Untuk itu SLUR (SAMBANG DULUR) 2 hadir dengan bentuk kegiatan studi banding serta membawakan tema “The Kinship Created by Library Science without being Hindered by Distance.” Dengan tema tersebut diharapkan dapat menjalin komunikasi yang baik antar himpunan mahasiswa Ilmu Perpustakaan sehingga tali silaturahmi antar himpunan akan tetap terjaga. Kegiatan ini juga dikemas dalam bentuk Forum Group Discussion antara HMPIP FIA UB 2023 dan PSP UNAIR 2023 yang dilaksanakan pada tanggal 04 November 2023 di Aula Gedung A Fakultas Vokasi Universitas Airlangga, serta mempunyai tujuan yang luar biasa untuk saling bertukar informasi mengenai program antar himpunan dan diharapkan dapat terjalin kerja sama antar himpunan mahasiswa program studi Ilmu Perpustakaan.

Acara SLUR (SAMBANG DULUR) 2 yang diselenggarakan pada Sabtu, 04 November 2023 pada jam 06.30 – 16.50 WIB ini dimulai dengan keberangkatan peserta menuju Universitas Airlangga pada pukul 07.30 WIB dan sampai pada pukul 10.30 WIB. Sesampainya para peserta di Universitas Airlangga dilanjutkan dengan persiapan kegiatan SLUR (SAMBANG DULUR) 2. Pada pukul 12.35 WIB acara dibuka acara oleh MC yang dilanjutkan dengan doa dan sambutan-sambutan. Kemudian sesi yang pertama adalah penyampaian Grand Design dari HMPIP FIA UB 2023 dan PSP UNAIR 2023 yang dipaparkan oleh masing-masing ketua dan wakil ketua himpunan. Pemaparan Grand Design HMPIP ialah mengenai sejarah bagaimana berdirinya HMPIP, filosofi kabinet SATURASI, Visi dan Misi, serta pengenalan struktur kepengurusan yang ada di HMPIP FIA UB 2023. Lalu, dilanjutkan dengan pemaparan Grand Design dari PSP UNAIR 2023 mengenai Visi dan Misi PSP UNAIR, filosofi logo dan nama kabinet, struktur kepengurusan, serta penjelasan program kerja dari tiap departemen yang ada di PSP UNAIR 2023.

Kemudian, masuk pada kegiatan berikutnya yaitu Forum Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan pada pukul 14.40 – 15.40 WIB dengan membagi kelompok sesuai dengan pembagian bidang yang telah ditentukan agar anggota dapat bertukar ide dan pikiran secara aktif. Dengan adanya Forum Group Discussion (FGD) ini, diharapkan para anggota dapat memperoleh pengetahuan dari anggota himpunan yang lain sehingga tidak hanya berupa program kerja saja tetapi juga cara berorganisasi yang baik. Setelah kegiatan Forum Group Discussion (FGD) selesai, dilanjutkan dengan sesi ice breaking yang dipandu oleh MC, dan tentu saja pada sesi ini semua peserta menjadi sangat antusias dan tertawa dengan tingkah laku teman-teman yang sedang bermain games.

Namun, pada akhirnya kita semua telah tiba di penghujung acara sekaligus penanda bahwa kita semua akan berpisah. Acara ditutup dengan penyerahan plakat kepada HMPIP FIA UB 2023 dan PSP UNAIR 2023 yang diwakili oleh masing-masing ketua dan wakil ketua himpunan. Meskipun pertemuan kami bisa terbilang singkat tetapi kami berharap bahwa ikatan dan hubungan yang sudah terjalin ini tidak akan pernah putus. Semoga dengan kegiatan SLUR (SAMBANG DULUR) 2 ini dapat memperkuat hubungan kekerabatan antar mahasiswa Ilmu Perpustakaan. Sesi dokumentasi bersama yang dilakukan di depan gedung rektorat Universitas Airlangga menjadi tanda bahwa acara ini telah selesai. Terima kasih kami ucapkan kepada teman-teman PSP UNAIR 2023 atas pengalaman yang sangat berharga, semoga di masa yang akan datang kami tetap bisa menciptakan kegiatan yang luar biasa lagi seperti ini!