Ruang Budaya

Ruang Budaya  

Ruang Budaya merupakan Program Kerja yang pertama kali diinisiasi oleh Divisi Inovasi Mahasiswa. Ruang Budaya 2023 mengangkat tema “Perspektif Coping Mechanism melalui Kreativitas Literasi Berbudaya”. Terdapat beberapa rangkaian kegiatan dalam Ruang Budaya yaitu Open Submission, Workshop Melukis, dan Art Exhibition. Ruang Budaya bertujuan sebagai wadah berkreasi dan apresiasi, serta pengenalan mengenai berbagai budaya maupun keilmuan dari perpustakaan, informasi, dan kearsipan.

Rangkaian pertama yaitu Workshop Melukis telah terlaksana pada tanggal 29 Oktober 2023 di Nutrihub, Malang. Mengundang Kak Ishaqul Karim sebagai pemateri sekaligus artist untuk mengisi sharing session bersama peserta, dilanjutkan dengan acara utama yaitu Workshop Melukis yang dihadiri oleh 25 peserta sebagai wadah berkreasi dan apresiasi.

Rangkaian kedua yaitu Art Exhibition yang dilaksanakan pada tanggal 3 November 2023 di Basement Gedung A, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya. Karya yang dipamerkan dalam Art Exhibition ini merupakan hasil karya dari acara Workshop Melukis pada tanggal 29 Oktober 2023 kemarin dan hasil dari Open Submission. Selain menampilkan karya-karya seni yang menarik, juga terdapat beberapa section yang dapat dikunjungi yaitu affirmation cards, movie recommendation, wish tree, beads, temporary tattoo, corat-coret outline huruf Ruang Budaya, dan spot foto yang tidak kalah menarik. Art Exhibition dihadiri oleh kurang lebih 200 peserta yang berasal dari dalam maupun luar Universitas Brawijaya.

Dengan diadakannya Ruang Budaya, diharapkan mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi serta masyarakat umum mendapatkan informasi atau wawasan baru, dapat turut berkontribusi dalam mengapresiasi karya yang dipamerkan dan dapat memahami makna atau pesan dari Art Exhibition yang diadakan.