Literasi Festival Brawijaya

Literasi Festival Brawijaya

Literasi Festival Brawijaya merupakan salah satu program unggulan dari Himpunan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan (HMPIP) FIA UB yang terdiri dari beberapa lomba yang berkaitan dengan literasi. Litfest Brawijaya 2023 mengusung tema “Reading Your Way To Self Improvement: Kekuatan Literasi Dalam Pengembangan Diri”. Litfest Brawijaya 2023 sendiri terdiri dari dua rangkaian acara, yaitu kompetisi Literasi Festival Brawijaya 2023 dan Ganacetta Litfest Brawijaya 2023. Rangkaian Kompetisi Literasi Festival Brawijaya 2023 merupakan kegiatan perlombaan dari Litfest Brawijaya 2023. Lomba-lomba yang diadakan oleh Litfest Brawijaya 2023 yaitu lomba Esai, lomba Infografis, lomba Fotografi, dan lomba Speech Competition yang diadakan secara online dari mulai tanggal 20 Agustus 2023 sampai dengan 1 Oktober 2023.

Rangkaian kedua yaitu Ganacetta Litfest Brawijaya 2023. Pada rangkaian kedua ini merupakan main event dari Litfest Brawijaya 2023 yang terselenggara dengan sukses pada Sabtu, 21 Oktober 2023 secara offline bertempat di Aula Gedung A lantai 4 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Di acara Ganacetta Litfest Brawijaya 2023  terdapat pameran karya peserta lomba dalam Pekan Literasi Festival Brawijaya yang diselenggarakan saat rangkaian pertama Litfest Brawijaya 2023. Di Ganacetta Litfest Brawijaya 2023 juga terdapat berbagai acara dan penampilan yang sangat menarik mulai dari bedah buku, flashmob dari panitia Litfest Brawijaya 2023, talent, forum daerah, homeband dan juga pengumuman dan penyerahan hadiah kepada pemenang Litfest Brawijaya 2023.

Bedah buku kali ini mengundang seorang penulis buku terkenal yang bernama Alvi Syahrin. Pada acara Litfest Brawijaya 2023 Alvi Syahrin membedah bukunya sendiri yang berjudul “insecurity”

Kegiatan Ganacetta Litfest Brawijaya 2023 dimulai pada pukul 15.00 sampai 20.30 WIB dimulai dengan open gate peserta, lalu dibukanya acara oleh MC, menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan ayat suci Al-Quran, sambutan-sambutan , lalu dilanjutkan dengan acara bedah buku. Setelah beda buku juga terdapat penampilan menarik mulai dari flashmob panitia Litfest Brawijaya 2023, setelah itu dilanjutkan dengan pengumuman dan penyerahan hadiah kategori lomba speech competion , setelah itu dilanjutkan dengan penampilan talent, setelah itu kembali pengumuman dan penyerahan hadiah kategori lomba Infografis, dilanjutkan dengan penampilan forum daerah, lalu pengumuman dan penyeraan hadiah kategori fotografi, dilanjutkan penampilan homeband Universitas Brawijaya , lalu pengumuman dan penyerahan hadiah kategori lomba esai, dilanjutkan lagi dengan penampilan homeband Universitas Brawijaya. dan diakhirinya acara oleh MC

Ganacetta Litfest Brawijaya 2023 sekaligus menutup rangkaian acara Litfest Brawijaya 2023, semoga dengan diadakannya acara ini menjadikan wadah bagi para peserta untuk memiliki dan menambah pengalaman yang akan berguna di masa yang akan datang. Kami selaku panitia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung dan berpartisipasi dalam acara Litfest Brawijaya 2023.