LSO

ARTIKEL LIBRARY SCIENCE OLYMPIC

LSO with Mikat 2023 atau Library Science Olympic melalui minat dan bakat 2023 adalah kegiatan non-akademik yang ditujukan untuk mahasiswa aktif Prodi Ilmu Perpustakaan FIA UB (2019-2023) sebagai penyalur minat dan bakat yang terdiri dari pra event kali ini membawakan tema “TIBA-TIBA LSO” dan main event. LSO 2023 kali ini membawakan tema “LSO Balik Lagi Nih” yang bermakna bahwa LSO tahun ini hadir dengan warna baru yaitu permainan dengan memilih melalui voting untuk olahraga baik tradisional maupun modern, yang akan diselenggarakan untuk pra event tim bukan per angkatan melainkan dijadikan satu tim melalui dari angkatan 2019-2022 guna untuk mengakrabkan antar angkatan dan semua dilakukan secara offline.

Rangkaian pertama pra event dilakukan pada tanggal 25 Maret 2023 dengan mengadakan MELEDAK atau Mobile Legends Mendadak yang diikuti oleh mahasiswa  aktif Ilmu Perpustakaan FIA UB angkatan 2019-2022 dengan sejumlah 19 orang yang diselenggarakan di Gedung E Lantai 5 Ruang 5.10 FIA UB. Rangkaian kedua pra event mengadakan Voli Nih Yee yaitu permainan Bola Voli yang diikiti mahasiswa aktif Ilmu Perpustakaan FIA UB angkatan 2019-2022 dengan sejumlah 26 orang dilaksanakan pada tanggal 28 Mei 2023 diselenggarakan di Lapangan Voli Universitas Brawijaya.


Rangkaian terakhir yaitu Main Event dilaksanakan pada tanggal 17 September – 1 Oktober 2023 diikuti oleh mahasiswa aktif Ilmu Perpustakaan FIA UB angkatan 2020-2023 yang diadakan dalam 3 minggu dengan 4 rangkaian. Pada minggu pertama games yang dilaksanakan adalah games ROMES atau Rombongan Games dan tarik tambang yang bertempat di Halaman Parkir sebelah Pendopo FIA UB dengan sistem pertandingan bracket yang diikuti oleh 25 orang Rombongan Games, yang terdiri dari beberapa games yaitu tiap balon dalam gelas estafet, tahan baskom berisi air menggunakan kaos kaki, sarung estafet dengan 4 orang memegang setiap ujung sarung dan ditengahnya diataruh gelas berisi air, dan yang terakhir ada kardus estafet. Tarik tambang dilaksanakan setelah rangkaian ROMES selesai di tempat dan tanggal yang sama dengan sistem pertandingan bracket yang diikuti oleh 24 orang.


Pada minggu kedua games yang dilaksanakan adalah pertandingan Tendang Bola atau futsal yang bertempat di UBSC atau Universitas Brawijaya Sport Center Lantai 3 dengan sistem pertandingan bracket yang diikuti oleh 28 orang.

Pada minggu ketiga merupakan puncak dari Main Event LSO. Games yang dilaksanakan adalah Eh Badminton Nih yaitu pertandingan badminton, pertandingan badminton menggunakan sistem bracket juga dengan ketentuan setiap angkatan wajib mendaftar 2 tim di tiap kategori yaitu Ganda Putri, Ganda Putra, Ganda Campuran. Eh Badminton Nih dilaksanakan tanggal 1 Oktober 2023 yang diikuti oleh Mahasiswa Aktif Program Studi Ilmu Perpustakaan FIA UB yang diikuti oleh Angkatan 2020-2023. Rangkaian terakhir dilaksanakan di Gelanggang Prestasi FIA UB dengan diikutin 40 peserta beserta penonton. Setelah rangkaian perlombaan badminton berakhir sebagai hadiah bagi yang juara dan telah berpartisipasi di Rangkaian LSO with Mikat 2023 hasil juara dihitung berdasarkan point klasemen.

Terima kasih untuk panitia yang sudah memberikan waktu, tenaga, dan pikirannya untuk kesuksesan acara ini. Terima kasih untuk para peserta yang sudah ikut meramaikan acara ini. Semoga dengan LSO ini kita bisa saling mengakrabkan diri satu sama lain dan bisa berkesan untuk kita semua. Semoga kita dipertemukan kembali dengan LSO tahun berikutnya.