Colla Vol. 2

Companies Collaboration Volume 2

            Tepat hari Kamis tanggal 28 September 2023 telah terlaksana talkshow Colla Volume 2 di Malang Creative Center (MCC)  secara luring. Talkshow kali ini kami bersama Kak Akbar Widiantri Ramadan yang bekerja sebagai arsiparis di suatu bank membawakan tema “Let’s get to know what archivist does”. Berbeda dengan volume 1 yang fokus pada bidang ilmu perpustakaan, kali ini lebih terfokus pada keilmuan kearsipan.

Selama satu jam kegiatan Kak Akbar berkesempatan bercerita tentang bagaimana menata sebuah arsip di suatu  bank, SOP yang digunakan, kendala, dan solusi yang ia pilih untuk menghadapi kendala yang ada. Dipandu oleh moderator, Kak Gibran turut penasaran bagaimana cara untuk bisa bekerja sebagai arsiparis di suatu  bank ternama di Indonesia. Tidak ada tips tertentu, hanya saja karena kita memang fokus kepada arsiparis, maka kita harus menguasai keilmuan tersebut supaya bisa mengikuti pekerjaan yang akan kita temui nantinya, jawab Kak Akbar.

Dengan adanya Colla Volume 2 ini diharapkan mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi bisa mendapatkan informasi terbaru mengenai bidang pekerjaan yang akan dipilih setelah lulus kuliah serta optimis bahwa kita akan mendapatkan pekerjaan yang sesuai, misalnya arsiparis. Kak Akbar juga memberikan semangat kepada peserta karena nantinya arsiparis akan banyak dibutuhkan, sehingga kita tidak perlu risau akan pekerjaan kita dimasa depan.

 

 

Setelah satu jam kegiatan inti, talkshow bersama Kak Akbar. Kegiatan dilanjutkan dengan ice breaking untuk mengembalikan pikiran dan semangat. Kemudian dilanjut dengan penyerahan sertifikat kepada pemateri. Lalu sesi dokumentasi dan ditutup oleh MC.