Dialektika

“Empowering Information Literacy for Today’s Challenge”

 

 

Dialektika merupakan program agenda pertama dan satu-satunya dari divisi Inovasi Mahasiswa yang sudah terlaksana pada tanggal 6 September untuk volume 1 dan 16 September untuk volume 2. Program agenda yang berbentuk sharing session dengan membahas isu-isu atau masalah yang terjadi dengan lingkup ilmu perpustakaan, informasi maupun kearsipan.

Volume pertama pada dialektika berbentuk FGD atau Forum Group Discussion dengan target yaitu mahasiswa prodi ilmu perpustakaan Angkatan 2020, 2021, 2022 serta mahasiswa baru atau Angkatan 2023. Fokus pembahasan dari dialektika yang nantinya juga menjadi tema serta dibahas dalam volume kedua yakni Empowering Information Literacy for Today’s Challenges.

Volume kedua dari dialektika sendiri berbentuk live pada Instagram HMPIP dengan mengundang seorang ahli di bidangnya untuk menjawab kesimpulan FGD yang dilakukan oleh para mahasiswa sebelumnya. Pada kali ini, dialektika mengundang Ibu Zenitha Putri yang merupakan seorang news anchor pada UBTV sebagai narasumber di Dialektika volume kedua. Dialektika volume ini membahas mengenai tantangan terbesar dari derasnya arus informasi, yaitu hoax. Kami mengundang Ibu Zenitha Putri sebagai pemateri karena menurut kami, beliau sangat kompeten pada bidangnya, dan dengan ramah serta penjelasan yang sangat insightful sehingga berhasil menjawab keraguan maupun kegelisahan kami mengenai besarnya hoax yang ada pada era sekarang.