Jambore DPW III HMPII 2023 

Jambore DPW III HMPII 2023      

“Semarak Kebersamaan Menyatukan Perbedaan” 

 

Kegiatan Jambore DPW III telah terlaksana pada tanggal 14-16 Juli 2023 di Homestay Pantai Mutiara Trenggalek, Desa Tasikmadu, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek, Jawa Timur 66315. Jambore DPW III HMPII 2023 kali ini mengusung Tema yaitu “Semarak Kebersamaan Menyatukan Perbedaan” tema tersebut memiliki makna agar perbedaan yang ada tidak akan menjadi penghalang untuk saling bersatu. Kegiatan Jambore DPW III HMPII merupakan bagian dari program kerja HMPIP yang memiliki tujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar anggota, meningkatkan kualitas dan kompetensi, serta sebagai ajang untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman antar peserta dimana bentuk kegiatan yang dilakukan pada Jambore DPW HMPII ini berupa bonding.

 

 

Jambore DPW III HMPII 2023 kali ini diikuti oleh beberapa Universitas yang tergabung dalam Dewan Pengurus Wilayah III HMPII yang terdiri dari Universitas-Universitas yang ada di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Yogyakarta. Kegiatan Jambore DPW III HMPII 2023 kali ini dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan yang diikuti dengan kegiatan seperti seminar, outbond, makrab, lomba, pentas seni, dan bonding.

Pada jam 08.00 pagi para peserta Jambore DPW III HMPII dipersilahkan untuk Check-in  peserta terlebih dahulu untuk memastikan para peserta acara sudah datang, setelah semua para peserta Jambore DPW III HMPII datang maka pada jam 13.00  berangkat ke tempat penyelenggaraan DPW III HMPII perjalanan ditempuh selama kurang lebih 2 jam dan tiba di tempat penginapan pukul 15.00 WIB. Kemudian, dilanjut dengan check-in hotel pukul 15.00 WIB hingga 16.00 WIB di Homestay Pantai Mutiara Trenggalek, Desa Tasikmadu, Kec. Watulimo, Kab. Setelah seluruh peserta melakukan check-in hotel kegiatan dilanjutkan dengan Ishoma mulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 19.45 WIB. Setelah semua peserta melakukan ishoma kegiatan dilanjutkan dengan pembukaan acara oleh panitia Jambore DPW III HMPII sampai pukul 19.45 WIB dan pada pukul 19.45 WIB hingga 21.00 WIB agenda peserta yaitu Makrab yang bertujuan untuk mempererat hubungan antara anggota Jambore DPW III HMPII. Acara pada malam pertama di penginapan selain adanya makrab panitia kegiatan Jambore DPW III HMPII memberikan penampilan Lembaga Seni Otonom hingga pukul 21.00 WIB dan ditutup dengan peserta yang melanjutkan istirahat karena masih adanya agenda untuk dua hari kedepan.

 

 

Di hari kedua kegiatan Jambore DPW III HMPII diawali dengan senam pada pukul 06.00 WIB. Kemudian, dilanjutkan dengan kegiatan pribadi seperti bersih-bersih dan sarapan hingga pukul 08.00 WIB. Agenda hari tersebut dibuka oleh MC pukul 08.30 WIB yang dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yaitu sambutan Ketua Pelaksana Jambore DPW III HMPII, sambutan dari DPW, sambutan Koorprodi. Sambutan Rektor, dan sambutan dari Bupati hingga pukul 09.30 WIB. Kemudian, kegiatan yang dilakukan adalah seminar pada pukul 10.00 WIB dan dilanjut dengan Forum Group Discussion yang diikuti oleh seluruh peserta hingga pukul 11.30 WIB. Setelah kedua kegiatan tersebut berjalan peserta ishoma selama 90 menit, dilanjutkan dengan lomba-lomba. Para peserta terlihat bersemangat untuk berpartisipasi mengikuti lomba-lomba tersebut kegiatan dimulai pukul 13.00 WIB hingga 16.00 WIB dan dilanjut dengan ishoma. Pada pukul 19.30 seluruh peserta sudah bersiap untuk acara pentas seni, hal ini membuat peserta Jambore DPW III HMPII semakin akrab dengan yang lain, kegiatan berlangsung hingga pukul 22.00 WIB dan dilanjut dengan istirahat.

 

 

Pada hari ketiga Jambore DPW III HMPII diisi dengan kegiatan sarapan pada pukul 07.00 WIB. Setelah sarapan ada pembagian hadiah yang sudah disiapkan oleh panitia mereka mengucapkan banyak terima kasih kepada para peserta yang telah berkenan untuk hadir dan meluangkan waktunya mengikuti kegiatan Jambore DPW III HMPII. Pukul 09.00 WIB panitia dan seluruh peserta kegiatan Jambore DPW III HMPII mengambil dokumentasi bersama dan kegiatan ini ditutup oleh MC pada pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB. Dengan ditutupnya acara tidak sedikit peserta yang merasa sedih karena harus berpisah satu dengan yang lain. Tentu tiga hari hanyalah waktu yang singkat untuk saling mengenal mengingat peserta Jambore DPW III HMPII berasal dari instansi yang berbeda-beda. Semoga dari kegiatan ini banyak memberi manfaat kepada seluruh peserta di kemudian hari.