LENTERA 1

LENTERA 1

“Literasi Digital sebagai Upaya Pengembangan Minat dan Bakat Anak”

Kegiatan LENTERA (Literasi Anak dan Orang Tua) 1 berhasil diselenggarakan pada hari Sabtu, 19 Agustus 2023 oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan. Kegiatan LENTERA 1  mengusung tema “Literasi Digital sebagai Upaya Pengembangan Minat dan Bakat Anak.” Tempat pelaksanaan kegiatan ini berada di SDN Tegalweru, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur. LENTERA (Literasi Anak dan Orang Tua) 1 merupakan bagian program kerja dari HMPIP yang memiliki tujuan agar orang tua dan anak dari SDN Tegalweru berkolaborasi dalam meningkatkan minat, bakat dan cita-cita masa di masa depan dalam bentuk mentoring dan pengajaran parenting dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

Kegiatan LENTERA 1 berfokuskan pada sosialisasi kepada orang tua atau wali murid Kelas 4 SDN Tegalweru mengenai penerapan literasi digital sebagai upaya pengambangan minat dan bakat peserta didik di era global ini, sosialisasi ini juga memberikan rekomendasi aplikasi seperti google family link, duolingo, dll  yang dapat dimanfaatkan orang tua untuk pengembangan minat dan bakat pada anak.

 

 

Panitia LENTERA 1 dengan antusiasmenya berkumpul pukul 06.30 WIB di Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya untuk melakukan briefing bersama, dan berdoa sebelum memulai kegiatan juga melakukan pengecekan barang supaya tidak ada barang yang tertinggal dan acara dapat berjalan dengan baik. Kemudian panitia melakukan perjalanan menuju SDN Tegalweru dengan hati-hati dan selamat sampai tujuan. Pada pukul 08.35 WIB acara dibuka oleh Rachmat Suparmansyah selaku MC pada kegiatan ini yang dilanjut pembacaan doa dengan khusyuk. Orang tua yang hadir terlihat bersemangat untuk menyimak sosialisasi literasi digital sejak MC membuka kegiatan ini. Setelah pembukaan oleh MC dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Adapun sambutan yang pertama disampaikan oleh Ketua Pelaksana LENTERA 1 yaitu Iftitah Nur ‘Aini, yang kedua sambutan oleh Kak Anriko Hesya Pramudya, dan sambutan terakhir oleh Kepala Sekolah SDN Tegalweru yaitu Bapak Sugeng Praptono. Materi yang disampaikan pada LENTERA 1 yaitu mengenai pengembangan minat dan bakat anak melalui literasi digital yang mana akan dibahas melalui sosialisasi kepada orang tua murid kelas 4. Penyampaian materi begitu menarik perhatian para orang tua, mereka menyimak dengan baik dan mencatat informasi yang penting, materi juga disampaikan dengan apik oleh Kak Arnelita Gunadi yang merupakan mahasiswi aktif dan berprestasi dari Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Brawijaya. Kak Arnelita Gunadi memberikan informasi terkait pentingnya literasi digital dalam perkembangan anak khususnya pada minat dan bakat mereka kepada orang tua. Penyampaian materi pemateri berakhir pada pukul 09.50 WIB Setelah dilaksanakannya penyampaian materi, MC membuka Sesi Tanya Jawab untuk para orang tua, ada beberapa dari mereka mengajukan pertanyaan seperti bagaimana cara memanfaatkan literasi digital supaya anak-anak terhindar dari dampak negatif hal-hal yang berbau digital, Sesi Tanya Jawab ini berlanjut hingga pukul 10.00 WIB.

 

 

Rangkaian demi rangkaian acara telah dilakukan, tibalah di penghujung acara. Pengambilan dokumentasi kegiatan LENTERA 1 dilaksanakan  pukul 10.05 yaitu dokumentasi antara HMPIP, orang tua dan pemateri. Rasa terima kasih diucapkan kepada orang tua yang telah menyempatkan waktunya untuk menghadiri kegiatan LENTERA 1. Rachmat Suparmansyah selaku MC menutup acara pada pukul 10.05 WIB dan menandakan kegiatan sudah usai. Dengan diadakannya kegiatan LENTERA 1 di SDN Tegalweru diharapkan dapat bermanfaat oleh orang tua dalam memantau perkembangan peserta didik khususnya pada minat dan bakatnya di era digital.