Saka Pustaka

SAKA PUSTAKA
(Sosialisasi Sertifikasi Pustakawan)

Pada hari Sabtu tanggal 27 Agustus 2023 telah terlaksana kegiatan Saka Pustaka yangbertemakan “How to get Librarion Certification for a Library Science Graduate”. Tema inidiangkat karena melihat pandangan masyarakat terhadap seorang pustakawan yang dinilai hanya menata buku saja di perpustakaan. Padahal pekerjaan seorang pustakawan lebih dari itu, bahkan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki seorang pustakawan sangatlah kompleks. Menjadi seorang pustakawan bukanlah suatu hal yang mudah, banyak yang harus dipelajari dan juga dikuasai agar menjadi seorang pustakawan yang mumpuni. Namun begitu, seorang pustakawan yang mumpuni juga tak bisa dipisahkan dari yang namanya sertifikasi. Dengan mendapatkan sertifikasi, artinya kemampuan kita sebagai pustakawan telah diakui. Dalam acara kami yang bernama Saka Pustaka ini bertujuan untuk memperluas wawasan, dan juga membuka pandangan mengenai pentingnya Sertifikasi Pustakawan.

 
Saka Pustaka diadakan secara luring yang bertempat di Ruangan Mimbar Demokrasi Fakultas Hukum Universitas Brawijaya. Acara ini dibuka oleh Asna Hanifah selaku MC. Acara diberikan kepada Dewi Endah selaku moderator. Pemateri pertama pada acara hari ini ialah Kak Melati Purba Bestari yang saat ini menjabat sebagai salah satu Ketua Forum Pustakawan Perguruan Tinggi (FPPTI) Jawa Timur. Secara garis besar, Kak Melati menjelaskan apa itu sertifikasi pustakawan itu, mengapa sertifikasi pustakawan sangat penting bagi seorang pustakawan, bagaimana proses sertifikasi pustakawan, dan apa saja yang harus dipersiapkan apabila ingin melakukan sertifikasi pustakawan, Kak Melati juga berbagi sedikit pengalaman nya terkait sertifikasi pustakawan. Setelah pemaparan materi selama 45 menit oleh Kak Melati, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang disambut baik oleh para peserta, terbukti dengan adanya beberapa peserta yang mengajukan pertanyaan kepada Kak Melati. Setelah sesi tanya jawab selesai, maka dilanjutkan dengan sesi penyerahan sertifikat kepada pemateri oleh ketua pelaksana.


Sesi selanjutnya ialah ice breaking untuk menyegarkan pikiran. Acara dilanjutkan dengan sesi pemaparan materi oleh pemateri kedua yaitu Kak Ika Mawadhah Ramadhani S.IP. Kak Ika
saat ini bekerja sebagai pustakawan di Universitas Bina Nusantara (Binus) Malang. Kak Ika ini juga merupakan alumni program studi Ilmu Perpustakaan UB. Secara garis besar, Kak Ika menjelaskan mengenai apa saja kendala pada saat melakukan sertifikasi pustakawan, tips and trick nya dalam melakukan sertifikasi pustakawan, serta berbagi pengalamannya mulai dari awal proses pendaftaran hingga pelaksanaan assesment. Setelah materi yang dipaparkan Kak Ika selesai, masuklah ke sesi tanya jawab dimana para peserta juga menyambut baik pemateri, terbukti dengan adanya beberapa peserta yang mengangkat tangan. Acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kepada pemateri oleh ketua pelaksana. Selanjutnya, acara dikembalikan lagi kepada MC untuk penutupan. Acara diakhiri dengan sesi dokumentasi bersama.


Para peserta mengikuti acara dengan seksama dari awal hingga akhir. Dengan dilaksanakannya acara Saka Pustaka ini, diharapkan seluruh peserta terutama mahasiswa program studi Ilmu Perpustakaan mendapatkan wawasan baru mengenai apa itu sertifikasi pustakawan, bagaimana prosesnya, apa yang harus dipersiapkan, dan paham akan pentingnya sertifikasi pustakawan khususnya bagi lulusan program studi Ilmu Perpustakaan yang ingin bekerja sebagai pustakawan.