BinAr (Bina Arsip)

BinAr (Bina Arsip)

“Digitalisasi Arsip Dinamis untuk Pengelolaan Kearsipan Desa yang Efektif dan Efisien”

 

 

Kegiatan BinAr (Bina Arsip) sukses terselenggara pada hari Kamis, tanggal 08 Juni 2023 oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan. Kegiatan ini mengusung tema “Digitalisasi Arsip Dinamis untuk Pengelolaan Kearsipan Desa yang Efektif dan Efisien.” Tempat pelaksanaan BinAr (Bina Arsip) ini berada di Desa Tegalweru, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur. BinAr (Bina Arsip) sendiri merupakan salah satu program kerja yang memiliki tujuan untuk memberikan pemahaman kepada perangkat Desa Tegalweru mengenai pengelolaan kearsipan desa khususnya digitalisasi arsip dinamis dan mengimplementasikan hal tersebut dalam kegiatan administrasi khususnya pada bidang kearsipan di Desa Tegalweru.

Fokus utama dari terlaksananya kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada perangkat desa Tegalweru dengan adanya sosialisasi terkait pemahaman pengelolaan digital arsip dinamis di Desa Tegalweru. Adapun manfaat kegiatan ini adalah meningkatkan kualitas kinerja perangkat desa di Desa Tegalweru mengenai digitalisasi arsip dinamis, penunjang keberhasilan pengelolaan arsip yang efektif dan efisien di Desa Tegalweru, serta memberikan referensi terbaru terkait pengelolaan arsip dinamis yang sesuai standar kearsipan bagi perangkat desa Tegalweru.

Kegiatan ini dimulai dengan persiapan panitia acara BinAr (Bina Arsip) pada pukul 12.45 WIB, semua panitia yang hebat berkumpul di Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya. Setelah semua panitia lengkap berkumpul maka dilanjutkan dengan sesi doa bersama guna mempermudah jalannya acara. Selanjutnya, panitia bersiap untuk berangkat ke titik lokasi yaitu  Kantor Desa Tegalweru. Sesampainya di lokasi, panitia mulai mempersiapkan acara dan tepat pada pukul 13.00 WIB, Azkya Nurul Aulia selaku MC membuka acara BinAr (Bina Arsip) dengan sapaan yang hangat kepada perangkat Desa Tegalweru, yang disambut dengan hangat pula oleh perangkat desa setempat. Dilanjutkan dengan sambutan Ketua Pelaksana BinAr (Bina Arsip) yakni Rachmat Suparmansyah, Bapak Endry Putra S.I.Kom., M.I.Kom. selaku Dosen FIA UB, Kak Adam Alkarim selaku Wakil Ketua Umum HMPIP 2023, dan Bapak Yasmadi selaku Sekretaris Kantor Desa Tegalweru.

Inti acara dimulai pada pukul 13.04 WIB dan dilakukan dengan adanya pembinaan arsip desa oleh HMPIP. Para perangkat desa antusias akan pemaparan materi yang akan diberikan. Materi mengenai arsip dipaparkan oleh Muhammad Halim Fauzi selaku pengurus HMPIP 2023 yang memang ahli dan mampu membagikan ilmu terkait digitalisasi arsip. Pemaparan materi diberikan dengan cukup baik kepada perangkat desa yang telah hadir, sesekali pembawa materi mencairkan suasana disekitar agar pihak perangkat desa merasa senang menerima materi yang diberikan. Selain dilakukan pemaparan materi, tak lupa dengan adanya sesi tanya jawab dari perangkat Desa Tegalweru untuk ditujukan kepada pemateri.

Setelah rangkaian demi rangkaian acara dilakukan, tibalah di penghujung acara. Pengambilan dokumentasi antara HMPIP dengan Perangkat Desa Tegalweru dilakukan dengan rasa senang. Acara BinAr (Bina Arsip) telah usai ditutup dengan doa oleh Azkya Nurul Aulia selaku MC pada pukul 13.25 WIB. Banyak rasa syukur yang diterima karena acara BinAr (Bina Arsip) berjalan dengan lancar hingga akhir. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan agar nantinya para perangkat Desa Tegalweru mampu mengimplementasikan bagaimana cara mendigitalisasikan arsip guna menciptakan pengelolaan kearsipan desa yang efektif dan efisien.