LITERASI DESA VOL.2

LITERASI DESA VOL.2

Membangun Budaya Literasi melalui Taman Baca

          

 

Dengan mengusung tema Membangun Budaya Literasi melalui Taman Baca, Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan sukses menyelenggarakan LITERASI DESA VOL.2 pada tanggal 01 Juni 2023 di Taman Baca Desa Tegalweru, Kecamatan Dau, Malang, Jawa Timur. Literasi Desa Vol. 2, adalah suatu program edukasi yang memiliki tujuan utama untuk meningkatkan literasi khususnya pada anak-anak Desa Tegalweru dengan memanfaatkan Taman Baca sebagai sarana pembelajaran bagi masyarakat untuk belajar mandiri.

Kegiatan ini akan lebih memfokuskan untuk meningkatkan literasi pada anak-anak Desa Tegalweru dengan mengadakan kegiatan membaca buku bersama, lalu saling menceritakan buku yang telah di baca dan menonton dongeng bersama lalu disimpulkan pesan moral dalam dongeng tersebut.

Jam 08.00,  pemuda pemudi yang memiliki semangat tinggi berkumpul di Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya. Mereka tak lain adalah penitia acara Literasi Desa Vol. 2 yang sedang mempersiapkan acaranya. Setelah semua berkumpul dan berdoa untuk kelancaran acara, panitia berangkat menuju satu satunya Taman Baca yang berada di desa Tegalweru. Setelah sampai dengan selamat kemudian dilanjut dengan mempersiapkan acara. Tepat jam 09.00, Tita Naura Fitriannisa selaku MC membuka acara Literasi Desa Vol.2 dengan sapaan kepada adik-adik di Taman Baca yang telah antusias dengan wajah tak sabar ingin segera memulai kegiatan. Antusiasme mereka tak main-main, sangat terasa semangat untuk memulai acara. Tak lupa berdoa yang langsung dilanjutkan dengan sambutan ketua pelaksana Azkya Nurul Aulia dan sambutan ketua umum HMPIP 2023 kak Anriko Hesya Pramudya.

 

Adapun arahan mengenai rangkaian acara dari awal hingga akhir diberikan kepada anak-anak di Taman Baca agar mereka tidak bingung bagaimana nantinya acara berlangsung. Kemudian acara utama pun dimulai yaitu para panitia mendampingi anak-anak untuk melakukan kegiatan membaca buku bersama. Dengan bimbingan dari kakak-kakak panitia, para siswa membentuk kelompok dan mulai membaca sesuai kelompoknya masing-masing. Buku yang disediakan oleh kakak-kakak panitia ialah buku-buku menarik colourful yang mengandung moral dan pengetahuan didalamnya. Wajah suka ria dan penuh senyuman pun tersembul dimuka semua orang pada saat itu. Tak terasa sudah satu jam berlalu pada pukul 10.00 anak-anak meemasuki kegiatan selanjutnya yaitu Sharing Session yang dipimpin oleh MC. Dalam sesi itu anak anak diminta menceritakan kembali isi pengetahuan dan moral apa yang bisa dipetik dari buku yang telah mereka baca. Lalu sesi selanjutnya ialah sesi seru yang sangat membuat anak-anak tampak antusias. Pada sesi ini Panitia menayangkan video dongeng yang berjudul “Putri Niwer Gading”. Anak-anak duduk anteng melihat jalannya cerita dongeng dari awal hingga akhir. Tak terasa waktu telah berlalu begitu cepat, pada pukul 10.37 kini tiba saatnya memasuki sesi games bersama anak-anak di Taman Baca Desa Tegalweru. Anak- anak diminta menebak nam profesi yanng telah disebutkan oleh panitia lewat ciri-cirinya. Anak-anak tampak bersemangat sekali menjawab tebakan dari panitia.

Setelah semua rangkaian telah usai dari awal hingga akhir, dilakukanlah sesi dokumentasi bersama. Kemudian tiba waktunya untuk berpisah. Rasa terima kasih diucapkan kepada anak-anak yang telah antusias mengikuti kegiatan serta setiap pihak yang telah berpartisipasi menyukseskan acara. Jam 11.00, MC menutup acara menandakan kegiatan telah usai. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan literasi anak-anak di Desa Tegalweru serta diharapkan pula anak-anak dapat memanfaatkan taman baca yang ada di Desa Tegalweru tersebut.