SLUR 1

SLUR (SAMBANG DULUR) 1

 HMPIP X HUMANISTIK X HIMADIKA

 

 

SLUR (SAMBANG DULUR) 1, suatu program yang memiliki tujuan utama meningkatkan relasi dan menjalin silaturahmi antar himpunan. SLUR (SAMBANG DULUR) 1 kali ini berjudul ”KUBIK yaitu singkatan dari Kumpul Bareng Bikin Asik dan pada SLUR (SAMBANG DULUR) 1 mengangkat tema “Increasing Collaboration to Keep the Harmony and Togetherness of Public Department Students” dari tema tersebut kami berharap kolaborasi ini dapat menjaga keharmonisan dan kekompakan mahasiswa departemen publik FIA UB, selain tujuan utama tadi acara ini juga memiliki tujuan meningkatkan dan mengembangkan kualitas organisasi masing-masing himpunan. Kualitas organisasi dapat diukur dari banyak hal dan tidak terikat pada satu indikator saja dikarenakan suatu  organisasi memiliki ciri khas dan karakternya sendiri, meski memiliki tujuan yang sama jalan yang ditempuh dapat sangat berbeda. Suatu organisasi sama halnya dengan manusia sama-sama membutuhkan pihak lain untuk mengevaluasi diri karena melihat dengan kacamata sendiri dan dari kacamata orang lain tentu akan berbeda. Maka kami dari mahasiswa departemen publik yaitu HMPIP, HUMANISTIK, dan HIMADIKA mengadakan kolaborasi selain untuk meningkatkan relasi, juga untuk mengevaluasi, memberi referensi, bekerja sama, dan membagi pengalaman dalam perjalanan mencapai suatu tujuan tersebut yang semuanya dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas organisasi masing-masing dan juga terjalinnya kolaborasi RKJP dari masing-masing himpunan sehingga terikat hubungan kerjasama antar himpunan yang terjalin sampai akhir kepengurusan.

Acara SLUR (SAMBANG DULUR) 1 yang diselenggarakan pada Minggu, 04 Juni 2023 pada jam 11.00 – 17.00 WIB ini dibagi menjadi beberapa sesi, setelah dibuka oleh MC masuklah kita ke sesi pertama. Sesi pertama merupakan pemaparan grand design masing-masing organisasi dan perkenalan anggota himpunan. Pemaparan grand design dipaparkan oleh masing-masing ketua himpunan, pada pemaparan grand design dipaparkan oleh masing-masing ketua himpunan yang berisi penyampain visi dan misi, filosofi dari nama kabinet dan logo, struktur organisasi, dan pengenalan program unggulan. Dilanjut dengan pengenalan anggota yang dimulai HMPIP FIA UB dan dilanjutkan oleh HUMANISTIK, dan HIMADIKA. Sesi pertama ini direspon dengan positif oleh ketiga belah pihak, hal ini dapat dilihat dari seberapa antusias peserta terhadap rangkaian di sesi ini.

Kemudian, masuklah kita ke sesi kedua yang dimulai dengan Forum Group Discussion (FGD) dimana divisi yang memiliki kaitan yang sama akan diarahkan ke dalam tempat tertentu yang sudah disediakan oleh panitia. Disini masing-masing divisi saling berkenalan jauh lebih dalam, baik personal maupun sebagai divisi. Saling memaparkan program kerja dan program agenda diselingi obrolan santai dan disertai oleh canda tawa, sesi ini tidak hanya digunakan untuk saling mengevaluasi, namun juga untuk meningkatkan relasi kedua belah pihak. Selesainya sesi ini tidak hanya memberikan rasa sedih akan perpisahan, namun juga menandakan perpindahan sesi menuju sesi ice breaking. Sesi ini dapat disebut sebagai sesi favorit semua orang. Dipandu dengan piawai oleh sang MC, tawa suka ria dan senyum manis tersembul dimuka semua peserta, menutupi sementara perpisahan yang semakin dekat. Setiap pertemuan memiliki perpisahan tidak terkecuali acara ini, namun satu hal yang harus diingat bahwa berakhirnya acara SLUR (SAMBANG DULUR) 1 bukan berarti hubungan ketiga pihak berhenti disini, justru memulai suatu hubungan kekerabatan yang lebih akrab. Pada akhir acara ditutup dengan pemberian doorprize yang dipilih secara acak melalui spinner sebagai bentuk terima kasih kepada peserta karena sudah hadir di acara SLUR (SAMBANG DULUR) 1 dan dilanjutkan dengan dokumentasi. Semua peserta menampilkan wajah bahagia, respon positif peserta semenjak sesi pertama bertahan sampai akhir. Untuk teman-teman HUMANISTIK dan HIMADIKA terima kasih atas pengalaman tak terlupakannya!