Colla Vol. 1

Companies Collaboration Volume 1

 

 

Pada hari Sabtu tanggal 13 Mei 2023 telah terlaksana webinar Colla Vol. 1 yang bertemakan “How to be a good document controller”. Tema ini diangkat karena melihat banyaknya mahasiswa Ilmu Perpustakaan yang merasa bahwa peluang kerja yang dimiliki hanya sedikit. Maka dari itu, kami berinisiatif untuk memberikan informasi terbaru bahwa kami sebagai mahasiswa Ilmu Perpustakaan ketika lulus bisa menjadi seorang document controller. Di webinar kali ini, kami memaparkan bagaimana nantinya seorang document controller bekerja dengan baik juga memaparkan korelasi Ilmu Administrasi dan Ilmu Perpustakaan dengan document controller.  

Dalam kegiatan kami yang bernama “Companies Collaboration Volume 1” atau Colla ditujukan untuk membuka pandangan, memperkenalkan, dan membahas perusahaan yang bergerak di bidang Ilmu Perpustakaan, Ilmu Informasi, dan Ilmu Kearsipan. Dengan mengundang pemateri yang ahli dibidangnya, kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan baik materi maupun praktik dalam suatu perusahaan yang bergerak di bidang Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan.

Acara ini diadakan secara daring melalui zoom meeting yang dibuka oleh Afina selaku MC. Kemudian, acara diberikan kepada Raka sebagai moderator yang dilanjut dengan memperkenalkan pemateri kepada para peserta. Pemateri kami pada kali ini, yaitu Kak Imroatus Solihah S.St yang saat ini bekerja di PT INDOCATER sebagai hse officer dan document controller yang bergerak di bidang Food Service Oil, Mining & Gas. Secara garis besar Kak Imroatus menjelaskan tentang tujuan, kode etik, panduan, tahapan pengendalian dokumen, klasifikasi, juga skill dasar yang harus dimiliki seorang document controller. 

Setelah 30 menit pemaparan materi oleh Kak Imroatus, dilanjut dengan ice breaking untuk menjernihkan pikiran. Setelah itu, dilanjut dengan sesi tanya jawab yang disambut baik oleh peserta. Peserta mengikuti acara ini dengan seksama dari awal hingga akhir. Kemudian, kegiatan ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada pemateri dan dilanjut dengan doa dan penutupan. Dengan adanya kegiatan ini harapannya mahasiswa Ilmu Perpustakaan mendapatkan wawasan dan informasi baru mengenai bidang pekerjaan dan perusahaan yang bergerak di bidang Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan. Selain itu, kegiatan ini juga meningkatkan semangat belajar untuk meraih dan mendapatkan pekerjaan yang linier juga sesuai dengan passion para peserta.