Career Talk Vol.1

Di era maraknya teknologi saat ini, perpustakaan tidak hanya dapat dikunjungi secara langsung, tetapi dapat pula diakses melalui daring. Digital Library merupakan sebuah perpustakaan yang memiliki banyak koleksi buku dalam bentuk format digital sehingga dapat diakses dengan komputer. Tujuan dari Digital Library ini sendiri ialah memudahkan untuk mengakses informasi ilmu pengetahuan dalam format digital tanpa terhalang jarak dan waktu. Teknologi yang semakin berkembang pesat tidak diimbangi dengan sumber daya manusia yang memadai, sehingga menghasilkan sebuah inovasi yang dinamakan outsourcing.

Outsourcing merupakan salah satu model dalam dunia usaha, dimana dapat diartikan sebagai perekrutan tenaga kerja. Outsourcing juga dapat didefinisikan sebagai suatu kegiatan untuk mengontrak seseorang dengan tujuan efisiensi biaya produksi. Dengan adanya outsourcing, pihak perusahaan dapat meminimalisir pengeluaran untuk biaya sumber daya manusia yang bekerja dalam perusahaan tersebut.

Outsourcing telah banyak diterapkan oleh berbagai bidang, salah satunya adalah bidang perpustakaan. Untuk menghadapi informasi yang sangat cepat, perpustakaan harus memiliki biaya yang cukup banyak. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Library Outsourcing dapat menjadi salah satu solusinya. Dengan melihat keterkaitan antara Program Studi Ilmu Perpustakaan dengan Digital Library dan Library Outsourcing, sudah sepatutnya mahasiswa Ilmu Perpustakaan FIA UB mengetahui terkait Digital Library dan Library Outsourcing yang tepat dan sesuai dengan aturan – aturan dasar yang diajarkan di Program Studi Ilmu Perpustakaan FIA UB.

Kegiatan webinar Career Talk Vol. 1 yang dilaksanakan dengan tujuan agar dapat mengatasi permasalah tersebut. Career Talk Vol. 1 yang bertemakan “How Outsourcing Part of Library Operations Can Have a Big Impact” diadakan pada hari Minggu, 03 Juli 2022 melalui media Zoom Meeting dan ditujukan untuk mahasiswa serta alumni Program Studi Ilmu Perpustakaan FIA UB. Pada kegiatan yang berlangsung, terdapat 2 pembicara dari alumni Ilmu Perpustakaan FIA UB yaitu, Arum Setyarini, S.AP., S.Pd dan Trimo Septiono, S.AP. Pembicara pertama, yaitu Arum Setyarini, S.AP., S.Pd yang lebih fokus terhadap pembahasan Digital Library. Setelah pemaparan materi pertama, dilanjutkan dengan ice breaking pada sesi selanjutnya. Kemudian dilanjutkan dengan pembicara kedua, yaitu Trimo Septiono, S.AP. lebih berfokus terhadap pembahasan Library Outsourcing.

Kami HMPIP, berharap kegiatan webinar Career Talk Vol. 1 dapat memberikan edukasi serta informasi terkait dunia kerja setelah perkuliahan. Karena kegiatan ini ditargetkan untuk mahasiswa aktif dan alumni Ilmu Perpustakaan FIA UB, kami berharap webinar ini dapat membantu para alumni dalam mendapatkan pekerjaaan dan meningkatkan pengetahuan umum mengenai Digital Library dan Library Outsourcing. Kami juga berharap, dengan terlaksananya kegiatan ini dapat mempererat hubungan mahasiswa aktif dengan alumni Ilmu Perpustakaan FIA UB. (Fina Destya, staff divisi internal HMPIP)