Samba Harjur

Samba Harjur atau Sambut Maba dan Hari Jurusan 2022 hadir dengan konsep terbaru secara offline setelah hampir 2 tahun dilaksanakan secara online. Rangkaian acara yang terintegrasi dengan acara PKKMB FIA UB 2022 ini dilaksanakan pada 3 September 2022 di Aula Lt. 4 Gedung A dan Gelanggang Prestasi untuk Sambut Maba dan Hari Jurusan dilaksanakan pada 5-7 September di Lobby Lt. 1 Gedung E. 

Acara Samba Harjur ini menghadirkan penampilan – penampilan dari seluruh LKM dan LOF yang ada di FIA dan dilakukan di dua tempat yang berbeda yaitu untuk mahasiswa departemen administrasi publik berada di Aula Lt. 4 Gedung A sedangkan untuk mahasiswa departemen administrasi bisnis berada di Gelanggang Prestasi FIA UB.

Ilmu Perpustakaan merupakan program studi yang berada dibawah naungan Departemen Administrasi Publik. Maka dari itu, penampilan Sambut Maba oleh HMPIP dilakukan di Aula Lt. 4 Gedung A. Penampilan pertama HMPIP mempersembahkan Jargon dari prodi Ilmu Perpustakaan yaitu ‘Satu Keluarga Perpus Jaya’ yang digaungkan pertama kali oleh Kahim HMPIP 2022 yaitu Kak Virgiawan Listanto dilanjutkan oleh para perwakilan dari HMPIP yang mengikuti penampilan. Jargon tersebut menjadi pembuka sekaligus mobilisasi para penampil yang masuk ke dalam ruang Aula Lt. 4 Gedung A yang telah terisi oleh mahasiswa baru FIA UB.

Persembahan selanjutnya saat para peserta penampilan berada pada tempatnya masing-masing yaitu menyanyikan jingle dari HMPIP dan dilanjutkan oleh goyang upin – ipin sebagai ucapan selamat datang dari HMPIP untuk para mahasiswa baru FIA UB. Tujuan dari adanya persembahan goyang upin-ipin yaitu sebagai ucapan selamat datang dengan konsep yang ceria, cheerful sehingga dapat menarik perhatian dari mahasiswa baru FIA UB tahun 2022. Setelah penampilan tersebut selesai, HMPIP menyiapkan sebuah PPT serta video singkat mengenai perkenalan HMPIP dengan isi video yaitu beberapa program dan kegiatan kebersamaan yang sudah dijalankan bersama oleh HMPIP tahun 2022.

Hari selanjutnya tepatnya pada 5 September sebagai hari pertama dari Hari Jurusan yang juga termasuk bagian dari acara PKKMB FIA UB 2022. Acara yang dilaksanakan di Lobby Lt. 1 Gedung E FIA UB ini dilaksanakan bersama LKM dan LOF yang ada di FIA UB sebagai acara perkenalan serta pembukaan perekrutan LKM dan LOF yang ada di FIA UB kepada mahasiswa baru. Setiap LKM dan juga LOF membuka booth  yang. Pada booth HMPIP FIA UB terdapat pengurus yang menjaga sekaligus menjelaskan mengenai HMPIP FIA UB dan juga kabinet serta program yang terdapat di HMPIP FIA UB 2022. Acara yang dilaksanakan selama tiga hari terhitung sejak 5 September sampai 7 September 2022 pukul 09.00 sampai dengan pukul 15.00 di setiap harinya.

Antusias dari para mahasiswa baru selama 2 hari ini juga patut diapresiasi. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya para mahasiswa yang mengunjungi booth LKM dan LOF berada. Mereka tidak hanya mengunjungi booth-booth tersebut, melainkan memiliki tugas untuk mendapatkan tanda tangan serta membuat ringkasan singkat terkait LKM dan LOF di setiap booth yang ada. Beberapa LKM dan LOF juga menyiapkan hadiah berupa permen, stiker atau bahkan hadiah lainnya. HMPIP sendiri memberikan apresiasi kepada para Mahasiswa Baru dengan memberikan hadiah berupa note yang berisikan kata-kata semangat disertai permen dan stiker HMPIP 2022.

Kami dari HMPIP 2022 juga mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa baru FIA UB 2022. Kami menyambut dengan baik dan penuh keceriaan agar mahasiswa baru dapat bertumbuh dengan kepercayaan diri. Masih panjang perjalanan kedepan, selalu menjadi pribadi yang berprogress dimanapun kalian berada, salam hangat dan sukses selalu untuk mahasiswa baru FIA UB 2022. (Shelma Aprilia, staf divisi internal HMPIP 2022)