AMARAGATA Litfest Brawijaya 2022, Cerminan Literasi Berbudaya di Era Distrupsi Digital

(Penyampaian Materi oleh Nasumber (Dok. Panitia Litfest Brawijaya 2022)

Literasi Festival Brawijaya 2022 hadir dengan tampilan baru, yaitu hadir dengan tiga rangkaian acara. Salah satunya adalah talkshow bertajuk AMARAGATA dengan tema “Generasi Z sebagai Pioneer Literasi Berbudaya Di Era Distrupsi Digital” diselenggarakan pada Jum’at (28/10/2022) oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Administrasi (HMPIP) Dapertemen Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Universitas Brawijaya (UB).

Talkshow  ini turut mengundang tokoh-tokoh yang ahli di bidang nya yaitu Dra. Sri Handayani W, MM selaku Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang, Sadhana Devi selaku Pemilik dan Pengelola Rumah Seni Budaya Singhasari dan Miftahul Anam selaku Koordinator Duta Baca Dompu 2016-Sekarang. 

Kegiatan talkshow ini di awali dengan pembukaan MC, menyanyikan lagu Indonesia raya dan lagu bagimu negri, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, sambutan-sambutan, kemudian pengenalan moderator dan pemateri.

Narasumber memberikan sudut pandang terkait tema seputar partisipasi genrasi Z dalam mengembangkan nilai budaya.

“Pembentukan karakter dapat dibentuk dari membaca. Saya berharap generasi Z indonesia menjadi pelita di dunia. Indonesia harus menjadi pelita, bahkan bisa menjadi mercusuar”, tutur Sadhana Devi 

Sementara itu, Sri Handayani selaku sekretaris dinas Pendidikan dana kebudayaan kota malang mengatakan khususnya Generasi Z yang lahir di tahun 1997 sampai 2017 harusnya dapat mengadaptasi dan memodifikasi budaya yang sangat luas ini tanpa mengurangi esensi dari budaya itu sendiri, dengan kempampuan literasi Generasi Z.

Sedangkan Anam memberi semangat pada peserta untuk menggunakan teknologi untuk hal yang positif dan berdampak.