Sambang Desa Vol.3 Tertib Pengelolaan Arsip Desa Menuju Terwujudnya Pemerintahan Desa yang Akuntabel

Dengan mengusung tema Penerapan Digital Marketing pada UMKM Desa Gading Kulon, Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan sukses menyelenggarakan Sambang Desa Vol. 3 pada tanggal 22 Agustus 2022 di Dusun Princi, Desa Gading Kulon, Kec. Dau Kab. Malang. Sambang Desa Vol. 3, adalah suatu program pengabdian yang memiliki tujuan utama supaya dapat membantu warga desa Gading Kulon agar lebih memahami pentingnya manfaat dari adanya digital marketing pada perkembangan teknologi yang mengharuskan masyarakat untuk dapat memanfaatkan sosial media dalam pemasaran sebuah produksi.

Pukul 13.00 WIB, panitia program Sambang Desa Vol. 3 yang memiliki semangat tinggi berkumpul di KPRI Universitas Brawijaya untuk mempersiapkan acaranya. Setelah semua berkumpul dan berdoa untuk kelancaran acara, panitia berangkat menuju desa Gading Kulon. Sampai dengan selamat kemudian dilanjut dengan mempersiapkan acara. Tepat pukul 15.30 segala persiapan yang diperlukan sudah selesai, acara siap dimulai. Tak lama, kak Adam sebagai MC pada acara kali ini memulai acara dan menyapa setiap orang yang ada disana. Tak lupa berdoa yang langsung dilanjutkan dengan sambutan ketua pelaksana kak Fitria Ramadhani dan sambutan ketua umum HMPIP 2022 kak Virgiawan Listanto.

Acara utama dimulai pukul 16.00 yaitu penyampaian materi dari ibu Amelia Dwi Marthasari, S.AP. Beliau menyampaikan bahwa sarjana adalah presentase terbesar pengangguran di Indonesia. Seharusnya seorang sarjana dapat membuka lapangan pekerjaan. Maka diperlukan jiwa wirausaha dalam diri seorang sarjana sehingga ia tidak hanya mengandalkan lapangan pekerjaan yang ada, melainkan dapat ber-wirausaha sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan baru yang membawa kebermanfaatan bagi orang-orang di sekitarnya.

Ibu Amelia Dwi Marthasari, S.AP. juga mengatakan bisnis memerlukan produk, customer dan strategi. Salah satu strategi yang efektif dilakukan adalah dengan digital marketing adalah hal yang praktis dan murah. Memerlukan konsisten dalam melakukan bisnis dan strategi yang baik untuk jaman sekarang adalah konten. Dengan konten maka pengetahuan tentang produk tersebut akan lebih baik. Kepercayaan juga merupakan hal yang penting sehingga sistem bisnis yang valid dan terpercaya adalah keharusan dalam bisnis digital. Salah satu cara untuk membangun kepercayaan masyarakan adalah dengan meningkatkan trust dari google. Karena rating google dapat menentukan pilihan seseorang dimana saat ini google merupakan pusat informasi.

30 menit berlalu, penyampaian materi telah usai. Adapun pertanyaan yang diberikan dari Ibu Rahayu, Apa itu database dan perannya dalam bisnis online? Pertanyaan tersebut dijawab oleh ibu Amelia yang mengatakan bahwa database adalah follow up siapa yang beli, beli apa, kesukaannya apa, sehingga jika ada database, saat ada promo, maka yang ditawarkan pertama ada customer tersebut. Sehingga bisa digunakan untuk pengiklanan.

Setelah semua telah selesai, acara dilanjutkan dengan sesi dokumentasi pukul 16.50 dan ditutup oleh MC pukul 16.55. Sore itu anggota pengurus HMPIP sukses menjalankan kegiatan Sambang Desa Vol. 3 di desa Gading Kulon. Besar harapan kamu kegiatan ini dapat membawa manfaat untuk kita semua.