Musyawarah Wilayah DPW III HMPII di Yogyakarta

Musyawarah wilayah DPW III HMPII ialah kegiatan pergantian kepengurusan sekaligus memaparkan       laporan pertanggung jawaban Program Kerja DPW III HMPII periode 2020-2022. Kegiatan ini dilaksanakan di University Hotel, Yogyakarta pada Kamis, 30 Juni sampai Minggu, 03 Juli 2022 dengan melibatkan seluruh Himpunan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Se-DPW III. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Dewan Pengurus Wilayah III yang terdiri dari universitas-universitas yang ada di Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali yang dimaksudkan untuk mempertemukan himpunan dari universitas tersebut agar bisa saling bertukar ide dan gagasan. Musyawarah Wilayah kali ini dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan menghadirkan acara seperti seminar, sidang          pleno, makrab, dan rekreasi free time. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengusung tema seminar “Eksistensi Perpustakaan dalam Menyongsong Digital Society 5.0.” Harapan dengan terlaksananya kegiatan seminar ini adalah mahasiswa sadar betapa pentingnya mempertahankan eksistensi perpustakaan di tengah perkembangan zaman yang begitu pesat agar tidak tergerus oleh perkembangan zaman yang semakin canggih. 

Acara Musyawarah Wilayah DPW III HMPII 2022 ini dimulai pada kamis, 30 Juni 2022 diawali dengan check in peserta dari pukul 15.00 WIB lalu istirahat. Keesokan harinya, pada hari Jum’at, 01 Juli 2022 kegiatan diawali dengan sarapan pagi pada pukul 07.00 WIB. Lalu dilanjutkan dengan kegiatan seminar nasional dengan tema “Membangun Sinergitas dalam Regenerasi Kepengurusan yang Penuh Aksi dan Berkualitas” pada pukul 08.30 WIB hingga pukul 11.35 WIB. Setelah acara seminar selesai dilanjutkan dengan istirahat dan sholat jum’at pada pukul 11.35 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Acara selanjutnya ialah Sidang Pleno 1 yang dimana sidang ini membahas tentang tata tertib persidangan pada pukul 13.30 WIB. Setelah selesai, dilanjutkan dengan istirahat dan sholat ashar. 

Pada pukul 16.30 acara dilanjutkan dengan kegiatan Sidang Pleno 2 yang dimana sidang ini membahas tentang laporan pertanggung jawaban dari kepengurusan DPW tahun 2020 – 2022. Setelah selesai dilanjutkan dengan acara selanjutnya yakni Sidang Pleno 3 yang membahas tentang kepengurusan baru, di sesi ini dilakukan banyak hal dari mulai pengajuan nama calon ketua, sesi pembacaan visi misi mereka dan sesi tanya jawab untuk menyakinkan peserta memilih calon kepengurusan baru, kegiatan itu dilakukan dari pukul 21.00 WIB hingga pukul 22.30 WIB. Hasil sidang tersebut menetapkan Nazliatul Farhanah Nadia dari Universitas Muhammadiyah Ponorogo sebagai Ketua Umum DPW III HMPII 2022-2024. Selanjutnya pukul 22.30 WIB dilanjutkan acara Setelah itu, acara selesai dan semua peserta bisa kembali ke kamar masing-masing.

Pelaksanaan hari kedua, pada Sabtu, 02 Juli 2022, diawali dengan sarapan pagi pada pukul 07.00 dan bersiap untuk melanjutkan Sidang Pleno 4 kemarin. Setelah Sidang Pleno 4 selesai, pukul 10.15  – 12.00 WIB melanjutkan Sidang Pleno 5 yaitu membahas dan mengevaluasi tentang GBHO/GBPK. Pukul 12.00 WIB, peserta melakukan ishoma. Setelah itu, peserta kembali melanjutkan sidang sampai pukul 14.15 WIB. Sidang ke-5 selesai, lanjut ke Sidang Pleno 6 membahas terkait program kerja selama kepengurusan sampai pukul 20.30 WIB. Sidang terakhir selesai dan semua istirahat sejenak persiapan untuk malam keakraban serta penutup acara mulai pukul 21.00 – 23.00 WIB. Keesokan harinya, ialah hari terakhir tepatnya pada Minggu, 03 Juli 2022. Pukul 07.00 persiapan check out dan sarapan pagi. Setelah itu, peserta diperbolehkan meninggalkan hotel dan bebas melakukan aktivitas lainnya.