Improve Our Skill Vol. 5: Improve Leadership Quality for Better Career Performance

Improve Our Skill (IOS) merupakan sebuah kegiatan yang diadakan oleh Departemen PSDM, divisi Edukasi dari Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan FIA UB secara online via Zoom Meeting pada hari sabtu tanggal 27 Agustus 2022 pukul 12.30 – 14.30 WIB. Kegiatan ini merupakan webinar yang mengangkat persoalan mengenai kebutuhan skill yang harus dikuasai oleh mahasiswa di dunia perkuliahan, magang, dan kerja. Improve Our Skill telah berlangsung sebanyak lima volume, dimana volume sebelumnya membahas mengenai Publik Speaking. Sedangkan untuk Vol. 5 ini membahas mengenai Leadership dengan tema “Improve Leadership Quality for Better Career Performance”, yang tentunya berguna untuk meningkatkan citra diri baik dalam ranah sosial maupun professional dengan menghadirkan narasumber yang berpengalaman dalam bidang Leadership yaitu Esther Natalia seorang CEO & Founder dari Produktifkuy serta seorang conten creator tiktok.  

Kegiatan Imporve our skill di awali dengan pembukaan MC, sambutan-sambutan, kemudian pengenalan moderator dan pemateri. Dalam pemaparan materi oleh Esther Natalia, dijelaskan bahwa Leadership merupakan sebuah kemampuan untuk mengubah visi menjadi sebuah realita, yang mana tugas dari seorang leader (pemimpin) adalah mengedukasi staff menuju tempat yang lebih baik. Serta menjadi seorang leader bukan hanya tentang berbicara di depan layar, namun bagaimana cara kita bertanggungjawab terhadap banyak hal. Terdapat pula tiga aspek tipikal seorang leader, antara lain :

  1. Lead self. Jika ingin memimpin orang lain, maka harus bisa memimpin diri sendiri.
  1. Lead others. Tidak hanya memerintahkan, namun harus ada pengaruhnya.
  1. Lead change. Memiliki Gratitude (rasa bersyukur) dan empati.

Selanjutnya, sesi ice breaking dan dilanjutkan sesi tanya jawab oleh peserta. Antusiasme peserta sangat tinggi dalam sesi ini. Kemudian kegiatan ini diakhir dengan sesi foto bersama dan penutupan oleh MC.

Kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan mendapatkan respon baik dari peserta dimana rata-rata peserta yang mengikuti Webinar ini merupakan mahasiswa aktif. Dengan terlaksananya kegiatan ini diharapkan peserta dapat meningkatkan banyak softskill khususnya leadership.