MENU’S (Mental is Number One for Us)

MENU’s atau Mental is Number One for Us merupakan program kerja yang dijalankan oleh Divisi Internal, Departement Interaksi yang disajikan dalam bentuk webinar dan bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai insecurity dan bagaimana cara mengatasi ataupun menghilangkan perasaan tersebut, sehingga dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri dan mengurangi perasaan insecure, khususnya pada kalangan mahasiswa umum di Indonesia. Pada tahun ini, MENU’s (Mental is Number One for Us) mengambil judul ”How to Overcome Insecurity by Increasing Self Love” dengan mengundang 2 pemateri, yaitu Gita Yolanda, M.Psi dan A Zain Fahmi, S.Psi. Kegiatan ini telah terlaksana pada hari Minggu, 6 Agustus 2022 melalui Zoom Meeting yang dihadiri oleh 206 peserta.

Pemaparan materi pertama oleh Gita Yolanda, M.Psi membahas terkait Insecurity secara luas, dengan judul “Stop Being Insecure”. Dalam pemaparan tersebut, dijelaskan bahwa Insecurity memiliki banyak tipe yang berbeda-beda, seperti anxious-ambivalent attachment  dan anxious-aviodant attachment. Namun, untuk mengatasi hal tersebut, peserta dihimbau untuk mencintai diri sendiri lewat beberapa cara seperti journaling dan membangun support system di lingkungan sekitar.

Materi kedua yang dijelaskan oleh A Zain Fahmi, S.Psi dengan judul ”Bye! Insecure. Hi! Self Love” lebih membahas tentang bagaimana cara peserta untuk mencintai diri sendiri. Untuk dapat mencintai diri sendiri, A Zain Fahmi, S.Psi menjelaskan bahwa ada 5 tahapan dari perjalan Self-love, diantaranya yaitu self-knowledge, self-acceptance, self being, self-transcendence, dan self-renewal. Di akhir pemaparan materi, peserta dihimbau untuk mulai mencoba metode “talk to yourself” agar lebih memahami dan menciptakan self-love dalam diri sendiri.

Setelah MENU’s 2022 telah terlaksana, kami selaku panitia membuat formulir terkait kepuasaan para peserta dari pemaparan materi yang telah diberikan. Dalam formulir tersebut, sebanyak 91,30% dari mereka memilih poin 5 yang merupakan tingkat kepuasan paling tinggi. Dari survey tersebut, kami mengambil kesimpulan bahwa MENU’s 2022 telah terlaksana dengan baik dan membantu para para peserta untuk mengurangi perasaan Insecure melalui metode Self-love.

Kami, panitia MENU’s 2022 berharap dengan diadakannya webinar ini, dapat meningkatkan awareness dari para mahasiswa untuk tetap memperhatikan problema kesehatan mental yang kerap kali dianggap tidak penting di dunia perkuliahan. Setiap mahasiswa pastinya memiliki tujuan dalam menjalankan banyaknya kegiatan terkait perkuliahan, tetapi kesehatan mental yang kita miliki juga harus diperhatikan. Menjadikan sebuah tujuan tersebut landasan bagi masa depan kita memang merupakan hal yang baik. Namun, memperhatikan kesehatan tubuh ataupun mental juga menjadikan semua yang kita jalankan menjadi sempurna. Terima kasih untuk kerja keras kita semua tahun ini dan jangan lupa untuk selalu bahagia. (Af’idah Auriyah, staf Divisi Internal 2022)