Companies Talkshow Vol.2: The Challenge of Realizing an Integrated Information Management System in the New Normal Era Based on IT and Big Data

Co-talk atau Companies Talskshow merupaka program kerja divisi Research and Development departemen PSDM yang berupa talkshow online dengan menghadirkan narasumber dari perusahaan yang bergerak dalam bidang perpustakaan, informasi, maupun karsipan. Talkshow ini memiliki tujuan untuk memperkenalkan mahasiswa program studi ilmu perpustakaan pada perusahaan- perusahaan tersebut beserta peluangnya untuk bekerja di perusahaan serupa setelah lulus. 

Companies Talkshow sudah berlangsung sebanyak dua volume, pada volume kedua kali ini, tema yang di angkat adalah “The Challenge of Realizing an Integrated Information Management System in the New Normal Era Based on IT and Big Data”. Pada kesempatan kali ini, Co-Talk menghadirkan narasumber yang merupakan seorang founder dari PT. Drone Emprit and Media Kernels Indonesia yang bernama Ismail Fahmi, Phd. PT. Drone Emprit and Media Kernels Indonesia adalah perusahaan yang berfokus pada pemanfaatan teknologi Pemrosesan Bahasa Alami untuk memberikan solusi inovatif dalam penambangan teks dan penemuan wawasan untuk institusi berbasis pengetahuan. Ini juga membantu institusi menerapkan solusi untuk repositori institusional mereka.

Kegiatan Co-Talk Vol. 2 dilaksanakan pada hari Jumat, 19 Agustus 2022 secara daring melalui Zoom Meeting, kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00 WIB yang diawali dengan briefing panitia kemudian dilanjutkan dengan open gate Zoom Meeting. Pada pukul 09.00 WIB kegiatan dibuka oleh Host dan dilanjutkan dengan sambutan dari ketua pelaksana Co-Talk, ketua umum HMPIP 2022, dan perwakilan dari ketua program studi ilmu perpustakaan FIA UB.

Sebelum kegiatan talkshow dimulai, host memperkenalkan narasumber dengan menampilkan cv narasumber. Kegiatan talkshow dilakukan dua arah selama kurang lebih 45 menit dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara narasumber dan peserta selama 15 menit. Peserta dipersilahkan mengajukan pertanyaam melalui kolom chat ataupun fitur raise hand. Setelah sesi tanya jawab, dilakukan pemberian sertifikat secara simbolik kepada narasumber oleh ketua pelaksana.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi ice breaking guna membangkitkan semangat peserta dan agar peserta tidak mengantuk setelah sesi talkshow. Setelah sesi ice breaking berakhir, acara ditutup dengan sesi foto Bersama dan pembagian link presensi kepada peserta melalui kolom chat zoom, peserta yang sudah mengisi link presensi dipersilahkan untuk meninggalkan ruang Zoom Meeting

Dari pemaparan oleh narasumber memberikan pemahaman kepada peserta Companies Talkshow Vol. 2 tentang bagaimana peluang kerja lulusan Ilmu Perpustakaan di perusahaan-perusahaan, dan bagaimana sebagai mahasiswa ilmu perpustakaan untuk memiliki cara pandang yang terbuka dan multi disiplin untuk peluang masa depan yang lebih luas. Diharapkan dari program Companies Talkshow ini sedikit banyaknya dapat memberikan pemahaman dan manfaat baru kepada semua yang hadir.