Improve Our Skill Vol. 4: Persiapkan Diri untuk Karir Gemilang

Improve Our Skill Vol. 4 merupakan salah satu Program Kerja dari Divisi Edukasi, Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan FIA UB. Ini adalah sebuah kegiatan edukasi dan pelatihan mengenai skill yang dibutuhkan dan berguna dalam dunia kerja, yaitu Public Speaking. Pada Vol. 4 ini, Improve Our Skill membawakan tema “Speak Up and Be a Good Speaker: an Essential Skill for a Better Career” dengan menghadirkan narasumber yang berpengalaman di bidang public speaking yaitu Berdit Zanzabela, seorang newscaster di LPP TVRI Jawa Timur.

Web seminar Improve Our Skill Vol. 4 diadakan pada hari Sabtu, 28 Mei 2022 secara online di Zoom Meeting dimulai dari pukul 09.00 hingga 11.00 WIB. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan;

  1. Dapat memberikan pengetahuan mengenai skill public speaking bagi mahasiswa untuk menghadapi dunia magang dan kerja.
  2. Dapat memberikan pemahaman bagaimana tips dan trik menjadi pembicara yang baik.
  3. Dapat menjelaskan alasan pentingnya memiliki skill public speaking sebagai penunjang karir di masa depan.

Improve Our Skill Vol. 4 diawali dengan pembukaan oleh MC dan sambutan-sambutan. Setelah itu dilanjutkan dengan pengenalan moderator dan pemateri oleh MC, kemudian acara diserahkan kepada moderator untuk memandu pemateri menyampaikan materinya mengenai Public Speaking selama kurang lebih 60 menit. Sesudah materi dipaparkan, untuk mengistirahatkan peserta dan merefresh kembali agar peserta menjadi semangat, agenda selanjutnya adalah ice breaking dimana peserta dapat proaktif dalam berpartisipasi. Ketika dirasa sudah cukup, sesi berikutnya adalah sesi tanya jawab dari peserta ke pemateri mengenai materi yang telah disampaikan sebelumnya. Terakhir ada dokumentasi diikuti dengan penutupan dan link presensi pada kolom chat Zoom Meeting.

Kegiatan berlangsung dengan lancar tanpa kendala yang terlalu berarti, dengan demikian pihak penyelenggara berharap sebesar-besarnya semoga Improve Our Skill benar-benar bisa memberikan dampak positif pada pengembangan skill dari para peserta yang telah menyempatkan waktunya untuk mengikuti web seminar mengenai Public Speaking ini.