Advo Goes to Future Plan: Magang Edition

Kegiatan Advo Goes to Future Plan ini diselenggarakan secara online pada Sabtu, 16 April 2022 pukul 08:00 s/d 11:40 oleh Departemen Interaksi, Divisi Advokasi yang berupa webinar dengan 3 pembicara yaitu, Khorithul Khayat sebagai pembicara pertama, Muhammad Muslim Naufal sebagai pembicara kedua, dan Alfina Ariesta Rosyida sebagai pembicara ketiga yang merupakan mahasiswa dan mahasiswi Ilmu Perpustakaan angkatan 2018 dengan membawakan materi seputar Magang Konversi, Magang Konvensional, dan Magang Bersertifikat – Kampus Merdeka (MBKM) serta diikuti oleh mahasiswa aktif Ilmu Perpustakaan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membantu mahasiswa Ilmu Perpustakaan khususnya angkatan 2019 dalam menghadapi kegiatan magang.

Dalam pemaparan materi pertama yang disampaikan oleh Khorithul Khayat dengan membawakan materi seputar Magang Konversi, dijelaskan bahwa Magang Konversi merupakan magang yang didapatkan dari konversi poin-poin organisasi, kepanitiaan, dan perlombaan demi memenuhi SKS Magang Wajib Kampus. Untuk laporan magang dapat memakai satu program kerja atau keseluruhan program yang diemban ataupun perlombaan yang diikuti.

Lalu pada pemaparan materi kedua oleh Muhammad Muslim Naufal dengan membawakan materi seputar Magang Konvensional, ia menjelaskan bahwa magang merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa yang telah mengambil dan memprogram mata kuliah magang. Magang dilakukan oleh mahasiswa guna meningkatkan kompetensi terkait praktik dan pengetahuan mahasiswa dalam bidang Ilmu Administrasi sehingga siap memasuki dunia pasca kampus, serta memberikan tambahan keahlian mahasiswa dalam memecahkan masalah di dunia pasca kampus.

Terakhir pada pemaparan materi ketiga yang disampaikan oleh Alfina Ariesta Rosyida mengenai seputaran magang MBKM, menjelaskan bahwa Magang Bersertifikat Kampus Merdeka (MBKM) adalah salah satu program Kampus Merdeka yang diluncurkan oleh Diktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti). MBKM dapat memberikan keuntungan berupa penawaran konversi hingga 20 SKS, bimbingan mentor, memperluas relasi, dan lainnya. Persiapan Magang MBKM dapat dimulai dengan membuat Curriculum Vitae (CV) menggunakan format CV ATS Friendly, mengikuti online assessment, dan latihan wawancara.

Webinar ini mendapat respon yang baik dari peserta dimana merupakan mahasiswa aktif Ilmu Perpustakaan FIA UB, peserta sangat antusias mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. Dengan terlaksananya kegiatan ini diharapkan peserta dapat memiliki gambaran mengenai kegiatan magang untuk mahasiswa Ilmu Perpustakaan FIA UB khususnya angkatan 2019.