ARTIKEL BICARA 2

Sabtu, 14 Agustus 2021, Departemen Interaksi, Divisi Internal HMPIP menyelenggerakan BICARA vol. 2 atau Bincang Bersama Alumni vol. 2. Dengan mengundang dua pemateri yang merupakan alumni dari prodi Ilmu Perpustakaan FIA UB angkatan 2011, Intani Rokhmatun Nisak, S .IP dan Gani Nur Pramudyo, S .IP dengan mengusung tema “Membangun Inovasi dan Cara Pandang bagi mahasiswa dalam Dunia Perpustakaan” yang menjelaskan bagaimana inovasi terkait dunia perpustakaan dan cara pandang bagi mahasiswa ilmu perpustakaan dalam dunia perpustakaan itu sendiri.


Dalam pemaparan materi dari Intani Rokhmatun Nisak, S .IP, ia menjelaskan bahwa perpustakaan sekolah merupakan bagian integral dari kegiatan sekolah, dan merupakan salah satu pusat sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan sekolah yang bersangkutan. Perpustakaan memiliki banyak fungsi, dalam hal edikatif, informatif, rekreatif dan riset atau penelitian. Hal – hal yang harus dipersiapkan sebagai pustakawan adalah pendidikan dan pengabdian yang sudah dipelajari sebelumnya di bangku perkuliahan.


Pada pemaparan materi kedua, oleh Gani Nur Pramudyo, S .IP, menjelaskan terkait banyaknya peran pustakawan di lingkungan masyarakat, baik untuk lembaga ataupun untuk masyarakat di sekitar. Ia juga menjelaskan terkait penelitian yang diadakannya, tentang kajian life history peran pustakawan sebagai agen perubahan. Seorang pustakawan sebagai agen perubahan hendaknya menggerakan generasi muda, komunitas serta memberikan pemikiran dan edukasi dalam Penangkalan Hoax.
Antusiasme partisipan yang berasal dari beberapa universitas diindonesia cukup tinggi. Banyak yang merasa ilmu yang di maparkan pemateri sangat menarik dan bermanfaat untuk memberikan gambaran kedepannya. Bahkan, banyak peserta yang memberikan saran untuk menambah waktu sharing lebih lanjut. Terselenggaranya BICARA vol. 2 diharapkan dapat membantu mahasiwa dan mahasiswi ilmu perpustakaan memberikan gambaran bagaimana inovasi dalam dunia perpustakaan serta cara pandang bagi mahasiswa dan mahasiswi ilmu perpustakaan dalam dunia perpustakaan. Nantikan rangkaian BICARA pada volume berikutnyaa ya!!!

Artikel Keseluruhan