Peningkatan Kualitas Organisasi dengan Membangun Komunikasi di HMM 2

 Peningkatan kualitas mutlak harus dipenuhi oleh setiap organisasi. Terutama dalam penyelenggaraan organisasi agar dapat terealisasikan melalui penyelenggaraan visi, misi, tujuan, maupun strateginya yang sesuai. Untuk mencapai kesesuaian tersebut kita memerlukan pengetahuan lebih untuk dijadikan bahan referensi maupun evaluasi bagi strategi maupun kinerja yang telah kita jalankan dalam mencapai tujuan. Salah satu cara menambah pengetahuan yaitu dengan membandingkan kondisi obyek studi di tempat lain dengan kondisi yang ada di tempat sendiri. Hasilnya berupa pengumpulah data dan informasi sebagai bahan acuan dalam perumusan konsep yang diinginkan. Maka dari itu dilaksanakan HMPIP Mampir Mampir 2 (HMM 2) sebagai realisasi untuk melakukan tinjauan dan evaluasi internal, mengenai mana saja yang akan dikembangkan melalui komunikasi. Selain bertambahnya wawasan, HMM 2 melalui komunikasi diharapkan dapat menjalin silaturahmi antar himpunan sehingga dapat membangun relasi yang baik.

HMM 2 telah terlaksana pada tanggal 18 Agustus 2021 dengan tema “Meningkatkan Kualitas organisasi dengan membangun komunikasi”. HMM 2 mengundang salah satu himpunan dari fakultas sosial politik yang masih berada di bawah naungan Universitas Brawijaya yaitu Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMANIKA) FISIP UB. Acara dilaksanakan secara virtual dimana penyampaian grand design yang berisikan visi, misi, filosofi, logo, dan struktur organisasi serta proker besar yang dipresentasikan secara singkat dimulai dari HMPIP FIA UB dan dilanjutkan oleh HIMANIKA FISIP UB. Pemaparan dipimpin oleh masing-masing ketua himpunan, melalui penyampaian di sesi ini juga kita dapat saling mengenal para pengurus dari HIMANIKA FISIP UB.

Setelah itu dilanjutkan dengan Forum Group Discussion (FGD) dimana setiap divisi yang saling berkaitan akan berada di breakout room yang sama. Di sesi ini dilakukan pengenalan program kerja dari masing masing divisi dan melakukan lebih banyak diskusi. Diadakannya sesi FGD bertujuan untuk berbagi informasi ataupun  ilmu dan pengalaman  tentang  program  kerja antar sesama divisi antara kedua himpunam dan di forum tersebut kami berbagi dan bercerita banyak hal dalam berbagai program kerja yang ada di setiap divisi yang nantinya dapat menjadi masukan ataupun bahan evaluasi antar setiap divisi dalam membangun program kerja selanjutnya selain itu juga diharapkan pembahasan lebih terfokus dan menyeluruh terhadap suatu topik pembahasan. Dengan berakhirnya FGD selama 40 menit HMM 2 ditutup dengan ice breaking dan sesi dokumentasi.

Artikel Keseluruhan