Bicara Vol 3: Peluang Mahasiswa Terhadap Dunia Kerja dalam Bidang Kearsipan

ARTIKEL BICARA VOL. 3

Sabtu, 2 Oktober 2021, Departemen Interaksi, Divisi Internal HMPIP menyelenggarakan salah satu program kerja unggulannya yaitu BICARA (Bincang Bersama Alumni) Vol.3  ini menjadi rangkaian terakhiir dari acara Bicara. BICARA Vol.3 ini terselenggara setelah banyak muncul pertanyaan yang sering dipertanyakan oleh mahasiswa/i ilmu perpustakaan seperti “setelah lulus mau kerja dimana?” atau “setelah lulus mau focus dibidang apa?”. BICARA Vol. 3 merupakan kegiatan sharing antara mahasiswa aktif bersama alumni Ilmu Perpustakaan FIA UB yang membahas salah satu bidang yang ada di jurusan ilmu perpustakaan.

Dengan mengundang pemateri yang merupakan alumni dari Ilmu Perpustakaan FIA UB angkatan 2016 yaitu Naufaldo Riyardi, S.IP. BICARA Vol.3 ini berjalan lancar dengan dihadiri 70 partisipan. Naufaldo Riyardi, S.IP sekarang berkerja sebagai Corporate Secretary di PT. Danareksa (Persero). BICARA Vol.3 membawakan tema “Peluang Mahasiswa Terhadap Dunia Kerja dalam Bidang Kearsipan di Masa Pandemi”. Dalam pemaparan materinya, Naufaldo Riyardi, S.IP berkata bahwa sebelum bekerja kita harus mempersiapkan diri kita dengan baik. Mempersiapkan sisi-sisi yang bisa mendukung diri kita menjadi seseorang yang mendapatkan prioritas di dunia pekerjaan. Naufaldo Riyardi, S.IP juga mengatakan jika di Ilmu Perpustakaan bisa dibilang jurusan mentah, sehingga dapat masuk ke beberapa bidang, seperti internal audit dan sekretaris. Jika di sekretaris perusahaan lebih relate dengan dokumen umum dan juga harus lebih bisa memanage sebuah informasi.

Antusiasme partisipan yang berasal dari beberapa universitas di Indonesia cukup tinggi. Banyak yang merasa ilmu yang di maparkan pemateri sangat menarik dan bermanfaat untuk memberikan gambaran kedepannya. Bahkan, banyak peserta yang memberikan saran untuk menambah waktu sharing lebih lanjut. Terselenggaranya BICARA Vol. 3 diharapkan dapat membantu mahasiwa dan mahasiswi Ilmu Perpustakaan memberikan gambaran bagaimana peluang mahasiswa terhadap dunia kerja dalam bidang kearsipan di masa pandemi. Terima kasih telah mengikuti rangkaian BICARA dari vol.1 hingga vol 3 yaa, sampai jumpa di acara yang lainnyaaa!!!

 

Artikel Keseluruhan