Artikel Improve Our Skill Vol 2

            Departemen PSDA, Divisi Edukasi HMPIP telah menyelenggarakan salah satu program kerjanya yaitu IOS (Improve Our Skill) Jilid II. Acara ini terselenggara setelah banyak muncul pertanyaan yang sering dipertanyakan oleh mahasiswa/i Ilmu Perpustakaan seperti “Bagaimana cara mengoperasikan Microsoft Excel yang baik dan benar?” atau “Seperti apa penggunaan Microsoft Excel yang biasa digunakan pada dunia pekerjaan?”. Acara IOS (Improve Our Skill) Jilid II ini membahas seputar pengoperasian Microsoft Excel. Dengan mengundang Heru Nugroho, S.Si., M.T selaku narasumber yang merupakan seorang dosen dari Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom. IOS (Improve Our Skill) Jilid II ini membawa tema ”Build Your Microsoft Excel Skill for Your Proper Job in the Future” menjelaskan bagaimana cara pengoperasian dasar dari Microsoft Excel serta fitur-fitur yang biasa digunakan dalam dunia kerja.

            Menurut Heru Nugroho pekerjaan yang berkaitan dengan Microsoft Excel bukan hanya dari bidang data analisis saja, namun saat ini hampir semua bidang pekerjaan menggunakan Microsoft Excel. Tak menutup kemungkinan seorang untuk seorang lulusan Ilmu Perpustakaan, karena mengingat prospek kerja lulusan Ilmu Perpustakaan yang saat ini sangat luas dan mencakup beberapa bidang, termasuk data analis. Kita bisa meningkatkan skill menggunakan Microsoft Excel dari apa yang biasa diterapkan di dunia pekerjaan. Berkaitan dengan excel maka kita harus tau yang berkaitan dengan data, data adalah koleksi dati fakta, memuat angka, kata, hasil observasi atau deskripsi dari suatu hal. Data itu terbagi menjadi dua data kuantitatif dan kualitatif, yang biasa diolah oleh excel itu adalah data kuantitatif yang berkaitan dengan angka. Data Science muncul, karena perkembangan data lebih cepat berkembang daripada teknologi. Diprediksikan pada tahun 2025 diperkirakan 463 exabytes data akan dibuat secara global atau setara dengan 212.765.957 DVD setiap harinya.

            Data dikatakan sudah memasuki era 8.0 dikarenakan pertumbuhan pengguna internet di dunia. Data penting dikarenakan basis dari informasi, pengetahuan dan kebijakan. Value dari data jika dijadikan informasi dan kemudian menjadi knowledge maka value nya akan semakin tinggi. Data harus diolah menjadi pengetahuan supaya bisa bermanfaat bagi manusia. Berdasarkan Top Data Analisis dari sekian banyak aplikasi yang bermunculan, namun masih banyak yang menggunakan Excel sebagai base nya. Fitur utama dari excel ada 3 yaitu, menghitung, melakukan list data dan grafik. Dan ada 20 excel skill yang harus dimiliki oleh seorang profesional yaitu data filters, data sortng, pivot tables, sumif/sumifs, countif/countifs, excel shourcut keys, sharts, cell formatting, managing page layout, data validation, workbook, vlookup, pivot charts, flash fill, quick analysis, power view, conditional formatting, moving colomns into rows, if formulas, dan auditing formulas.

            Fitur Excel yang dibahas pada IOS Jilid II ini adalah formula dasar, string/ text function, lookup/ ref function, summaring data, pivot table, visulization dan prediction. Bukan hanya sekedar penjelasan, pada IOS Jilid II Heru Nugroho juga mempraktekkan bagaimana pengoperasian fitur-fitur tersebut sesuai dengan rumus yang ada serta memberikan trik atau cara yang mudah dalam pengoperasiannya. Antusiasme partisipan yang berasal dari beberapa universitas di Indonesia cukup tinggi dan bahkan ada yang berasal dari SMA. Banyak yang merasa ilmu yang dipaparkan oleh narasumber sangat menarik dan bermanfaat untuk memberikan gambaran kedepannya terutama ketika bekerja. Banyak peserta yang bertanya lebih lanjut mengenai pengoperasian Microsoft Excel. Terselenggaranya IOS (Improve Our Skill) Jilid II diharapkan dapat membantu mahasiswa/i Ilmu Perpustakaan memberikan gambaran bagaimana cara pengoperasian Microsoft Excel pada dunia kerja nanti. Nantikan rangkaian IOS pada Jilid berikutnya!!!

 

 

 

Artikel Keseluruhan