Artikel Improve Our Skill Vol. 1

         Departemen PSDA, Divisi Edukasi HMPIP telah menyelenggarakan salah satu program kerja unggulnya yaitu IOS (Improve Our Skill) Jilid I. Acara ini terselenggara karena banyaknya pertanyaan yang sering dipertanyakan oleh mahasiswa/i Ilmu Perpustakaan seperti “Bagaimana bentuk CV yang baik dan benar?” atau “CV yang seperti apa yang akan dilirik HRD perusahaan ketika melamar pekerjaan?”. Acara IOS (Improve Our Skill) Jilid I ini membahas seputar pembuatan CV (Curriculum Vitae). Dengan mengundang Pancanita Manalu selaku narasumber yang merupakan HR People Partner Go-Jek Tech. IOS (Improve Our Skill) Jilid I ini membawa tema ”Prepare Your Bright Future from Now” menjelaskan bagaimana bentuk dari CV yang baik serta hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan agar sebuah CV terlihat menarik.

            Menurut Pancanita Manalu dalam membuat CV yang bagus harus ada sebuah effort. CV juga harus merepresentasikan kekuatan yang dimiliki. CV digunakan untuk memaparkan kualifikasi, kemampuan, riwayat hidup singkat dan secara rinci pengalaman yang dimiliki calon pekerja. Bagi perusahaan, CV berfungsi untuk mendapatkan gambaran jelas dan relevan terkait riwayat hidup, pengalaman dan kemampuan calon pekerja. Menurut definisi, Curriculum Vitae atau CV merupakan sebuah dokumen yang digunakan untuk memberikan gambaran mengenai pengalaman kerja secara singkat, sekaligus menjelaskan mengenai daftar riwayat hidup yang umumnya digunakan untuk bahan referensi dalam melamar atau mencari pekerjaan.

            Ada beberapa step dalam mendesain great CV, yaitu :

  1. Relevant information, informasi yang ada pada CV hendaknya relevan dengan perusahaan yang di
  2. Consistency in writing & no typo, penggunanan bahasa yang benar sesuai dengan EYD jika menggunakan bahasa Inonesia, jika dalam bahasa Inggris perhatian pada grammarnya.
  3. Format and order, urutkan pengalaman dari yang terbaru dan juga pendidikan dari yang tertinggi.
  4. Font and Pages, gunakan font yang sederhana dan untuk fresh graduate setidaknya halaman CV nya memuat 2 halaman saja.
  5. Design, latar yang digunakan pada bagian desain hendaklah yang menarik, bersih dan simple dengan memadukan maksimal 2 warna.

            Kesalahan fatal yang sering terjadi ketika membuat CV yaitu CV terlalu panjang, layout atau design terlalu mencolok, manipulasi data, pesta typo (terdapat banyak sekali kesalahan pada CV), foto yang kurang pantas (hindari penggunaan foto selfie untuk CV), minim etika dalam pengiriman e-mail atau lamaran. Efektif CV untuk seorang fresh graduate hendaknya memuat achievement yang didapat ketika di Perguruan Tinggi, terutama hal ini perlu di highlight pada CV. Pengalaman yang banyak dan memiliki keterlibatan dalam berbagai hal.

            . Hal yang penting dan perlu di highlight adalah experiences dan achievement. Sesuaikan foto yang dipergunakan pada CV dengan kualifiaksi apa yang diinginkan oleh perusahaan yang di apply. Dan yang perlu dipersiapan saat ini adalah membangun relasi atau hubungan dengan perusahaan melalui intership. Pancanita Manalu menjelaskan pentingnya bagi seorang mahasiswa membangun internship dari sekarang, hal ini nantinya sangat diperlukan ketika melamar pekerjaan. Antusiasme partisipan yang berasal dari beberapa universitas di Indonesia cukup tinggi. Partisipan merasa ilmu yang dipaparkan oleh narasumber sangat menarik dan bermanfaat untuk memberikan gambaran kedepannya terutama ketika akan melamar pekerjaan. Peserta juga memberi saran agar nantinya diadakan sesi review CV peserta oleh narasumber. Terselenggaranya IOS (Improve Our Skill) Jilid I diharapkan dapat membantu mahasiswa/i Ilmu Perpustakaan memberikan gambaran bagaimana cara membuat CV yang baik dan benar. Nantikan rangkaian IOS pada Jilid berikutnya!!!

Artikel Keseluruhan