Deskripsi HMPIP

HMPIP adalah Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. HMPIP resmi ditetapkan sebagai himpunan pada 22 Desember 2014 di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

Visi

Menjadikan HMPIP yang bergerak adaptif dengan di balut rasa kekeluargaan.

Misi

Berorientasi pada nilai kekeluargaan yang bertujuan untuk membangun lingkungan yang adaptif dan harmonis di organisasi.

Meningkatkan kualitas SDM dalam rangka mengembangkan minat serta bakat mahasiswa Ilmu Perpustakaan FIA UB.

Memaksimalkan media sosial guna mewujudkan penyebaran informasi yang optimal bagi Ilmu Perpustakaan FIA UB.

Menjalin sinergi yang erat dengan pihak internal dan eksternal.

Filosofi Logo HMPIP

  • Bentuk alas berupa buku yang diasosiasikan sebagai perpustakaan sebagai landasan atau dasar bidang pendidikan.
  • Bentuk tiang yang merupakan tugu Kota Malang menjelaskan
    bahwa Himpunan ini didirikan dan bertempat di Malang tepatnya di Universitas Brawijaya.
  • Bentuk lup (kaca pembesar) dikatakan sebagai ilmu. Dibawahnya terdapat salah satu bagian dari buku yang berwarna abu-abu, warna yang identik dengan Fakultas Ilmu Administrasi sehingga dapat dihubungkan antara ilmu/pencarian ilmu pada Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.
  • Bentuk tiga orang yang saling berpegangan tangan diasosiasikan sebagai mahasiswa yang saling membantu dalam proses penimbbaan ilmu. Kemudian dasar salah satu bentuk buku berwarna kuning berada di bawahnya. Warna kuning dipilih karena warna kuning itu sendiri secara arti dapat diasosiasikan dengan optimisme, intelektualitas kependidikan, keindahan, kepercayaan diri, kehangatan, fleksibilitas, dan intuisi. Sehingga jika diartikan secara keseluruhan, diharapkan adanya mahasiswa yang mempunyai karakteristik sesuai dengan warna kuning tersebut dalam saling bantu-membantu menimba ilmu perpustakaan. Untuk menunjukkan adanya hubungan antara ilmu perpustakaan dengan mahasiswa dalam logo tersebut adalah dengan bentuk ganggang lup yang berada di area buku yang terdapat simbol orang.
  • Teks HMPIP menggunakan font “Lucida Bright” yang tergolong dalam tipe serif. Selain terkesan elegan, tipe serif sangat sering digunakan dalam media cetak yang di atasnya terdapat teks panjang seperti buku dan koran. Hal ini karena tipe serif diyakini lebih nyaman dan tidak membuat mata cepat lelah saat membaca karena terdapat tipe serif/kait yang membuat teks terlihat rapi sehingga mudah untuk dibaca. Maka dari itu, diharapkan sifat tersebut dapat masuk dalam HMPIP itu sendiri.
  • Adanya teks/tagline kepanjangan sebagai penjelas, dan di bawahnya terdapat teks/tagline Universitas Brawijaya sebagai keterangan bahwasanya HMPIP berada dalam lingkungan Universitas Brawijaya.