Rabu tanggal 14 April 2021 kemarin, Departemen PSDA, Divisi Riset HMPIP sukses menyelenggarakan salah satu program kerjanya yaitu SKRIPSIAN vol. 1 dengan mengangkat tema Pencarian dan Pengumpulan Data Mahasiswa” merupakan sebuah web-seminar yang dengan bimbingan narasumber yang berasal dari tenaga pengajar Program Studi Ilmu Perpustakaan Bapak Bayu Indra Pratama S.I.KOM, MA yang memberikan penjelasan terkait dengan pencarian dan pengambilan topik serta pengumpulan data guna mendukung kegiatan penelitian dan penulisan pembahasan di dalam karya ilmiah dan tugas akhir skripsi.

Metode penelitian sangat dibutuhkan dalam pembuatan karya ilmiah dan tugas akhir skripsi, penentuan dalam jenis metode yang akan diambil oleh mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan seperti metode pengambilan data kuantitatif dan kualitatif mempengaruhi dari berjalannya penelitian. Namun diketahui, bahwa permasalahan yang seringkali dialami oleh mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan dalam bidang ini adalah, adanya kesulitan dalam penentuan topik dan pencarian serta pengumpulan data di dalam penelitian yang akan dilakukan.

Dalam kegiatan penelitian, ada beberapa hal penting. Pertama dan yang paling utama, peneliti harus mampu “merumuskan masalah”, karena tanpa pemahaman akan permasalahan yang dituju, peneliti akan terjebak dalam labirin tak berujung. Perumusan masalah paling mudah adalah dengan memperbanyak membaca artikel.
Kedua, penulisan Latar Belakang. Latar belakang ini penting untuk menarik perhatian pembaca. Penulisan fakta dan pernyataan retoris, lalu didukung dengan adegan dan pernyataan topik atas fokus masalah yang kita buat melalui 5W+1H, akan memudahkan dalam menarik perhatian ini. Ketiga, nyatakan dengan baik, dalam tesis atau penulisan ini tentang ide-ide yang penulis miliki. Gunakan kaidah yang sesuai dengan tema penelitian, apakah ‘kualitatif’, ‘kuantitatif’, atau campuran. Fokuskan menjawab pertanyaan mengenai riset anda, di dalam bagian ini!

Terakhir, Konklusi (pengambilan kesimpulan) dari masalah. Konklusi ini jangan dituliskan di Bab Kesimpulan, tapi di paragraf terakhir dari Bab II atau Bab isi. Konklusi ini menjadi rangkuman singkat dari awal hingga akhir dari penelitian yang dilakukan. “Kenali Masalahmu, Kenali Metodemu!”


Terselenggaranya SKRIPSIAN diharapkan dapat membantu mahasiswa/i Ilmu Perpustakaan untuk memfasilitasi terkait dengan penulisan karya ilmiah dan tugas akhir skripsi. Dan dapat memberikan tuntunan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang metode penelitian yang berkaitan dengan pengambilan topik dan pencarian serta pengumpulan data penelitian dalam karya ilmiah atau tugas akhir skripsi. Nantikan kelanjutan rangkaian SKRIPSIAN pada volume berikutnya, ya!

Artikel Keseluruhan