Minggu 11 April 2021,Departemen Interaksi, Divisi Internal HMPIP telah menyelenggerakan salah satu program kerja unggulannya yaitu BICARA vol. 1 atau Bincang Bersama Alumni vol. 1. Acara ini terselenggara setelah banyak muncul pertanyaan yang sering dipertanyakan oleh mahasiswa/i ilmu perpustakaan seperti “setelah lulus mau kerja dimana?” atau “setelah lulus mau focus dibidang apa?”. Acara Bincang Bersama Alumni yang disingkat menjadi BICARA merupakan kegiatan sharing antara mahasiswa aktif bersama alumni ilmu perpustakaan FIA UB yang membahas salah satu bidang yang ada di jurusan ilmu perpustakaan.

Dengan mengundang Erlangga Setiya Budi selaku pemateri yang merupakan alumni ilmu perpustakaan FIA UB angkatan 2013 yang sekarang bekerja sebagai pustakawan di perpustakaan pusat UNISMA dan Nurida Maulidia Rahma selaku pemateri yang merupakan alumni Ilmu perpustakaan FIA UB angkatan 2011 yang sekarang sedang bekerja di PDDI LIPI. BICARA vol. 1 ini membawa tema “Digital Asset dan Peluangnya di Dunia Perpustakaan Informasi” menjelaskan bagaimana digital asset yang berada di instansi yang tersebut dan cara-cara mengelola digital asset diinstansi tersebut seperti cara merawatnya, mengelola, dan menyimpan digital asset. Jadi bisa memberikan kegiatan diinstansi tersebut.

Menurut erlangga setiya budi adanya digital asset dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang diiringi dengan perkembangan informasi. Hal inilah yang menjadi penyebab adanya perkembangan di dunia perpustakaan. Digital asset memang termasuk ke dalam produk perpustakaan, akan tetapi bukan sebagai hal yang digitalkan. Seperti buku yang digitalkan, jurnal yang digitalkan, dll.
Disisi lain Nurida Nurani Rahma menjelaskan Apa itu DAM? Pendit dalam Perpustakaan Digital dari A-Z5, mengutip pengertian DAM dari sebuah situs yang menyatakan bahwa DAM merupakan :

The process of storing, retrieving and distributing digital assets (files), such as logos, photos, marketing collateral, documents, and multimedia files in a centralized and systematically organized system, allowing for the quick and efficient storage, retrieval, and reuse of the digital files that are essential to all businesses.

Dalam definisi ini DAM diartikan sebagai proses menyimpan, mengambil (temu kembali) dan mendistribusikan aset digital (file), seperti logo, foto, jaminan pemasaran, dokumen, dan file multimedia dalam sistem terpusat dan terorganisir secara sistematis, yang memungkinkan untuk penyimpanan temu kembali, dan penggunaan kembali file digital yang dibutuhkan secara cepat dan efisien, untuk semua aktifitas bisnis.

Dan juga menjelaskan begitu bermanfaatnya DAM yakni dalam rangka meningkatkan efektivitas dalam proses produksi, Efisiensi biaya, Mempercepat pencarian aset digital, Promosi organisasi, Meningkatkan standarisasi perusahaan. Selain itu, di dalam DAM terdapat sistem yang dinamakan Digital Asset Management System yang saat ini banyak digunakan untuk pengelolaan dan pendistribusian data. DAM memiliki kaitan dengan manusia, proses, informasi dan teknologi. RDM (Research Data Management) memiliki kaitan dengan DAM di mana DAM merupakan sistem atau konsepannya, sedangkan RDM (Research Data Management) merupakan penelitian yang sangat membutuhkan DAM. RDM (Research Data Management) masuk ke dalam layanan penelitian di perpustakaan berbentuk kajian berbasis bibliometric dan literatur review. Bibliometrik adalah kegiatan mengukur,menganalisis buku atau informasi terekam lain yang bersifat ilmiah dengan menggunakan metode matematika dan statistika. Literatur Review merupakan evaluasi yang mendalam dan kritis tentang penelitian sebelumnya pada suatu topic. Evaluasi yang mendalam dan kritis tentang penelitian sebelumnya pada suatu topic. Evaluasi terhadap kualitas dan temuan baru dari suatu paper ilmiah.

Antusiasme partisipan yang berasal dari beberapa universitas diindonesia cukup tinggi. Banyak yang merasa ilmu yang di maparkan pemateri sangat menarik dan bermanfaat untuk memberikan gambaran kedepannya. Bahkan, banyak peserta yang memberikan saran untuk menambah waktu sharing lebih lanjut.


Terselenggaranya BICARA vol. 1 diharapkan dapat membantu mahasiwa/i ilmu perpustakaan memberikan gambaran bagaimana cara mengelola sebuah asset digital disebuah instansi. Nantikan rangkaian BICARA pada volume berikutnyaa!!!

Artikel Keseluruhan