Artikel Sambang Sekolah

Ilmu perpustakaan merupakan sebuah ilmu yang melibatkan banyak keahlian di bidang Informasi teknologi, manajemen, dan pendidikan. Pada program studi ini, akan mempelajari bagaimana memecahkan permasalahan ilmiah di bidang ilmu perpustakaan dan informasi,  mengelola informasi yang berbentuk tercetak maupun tak tercetak. Kesadaran akan pentingnya Pendidikan formal secara mendalam dalam bidang perpustakaan perlu ditumbuhkan. Cara yang paling efektif untuk menyampaikan yaitu dengan cara mensosialisasikan Studi Ilmu Perpustakaan pada lingkungan pendidikan tingkat menengah atas (SMA/SMK/MA) melalui kegiatan seminar yang diadakan secara daring.

Sosialisasi tersebut membahas mengenai apa saja yang dipelajari di program studi Ilmu Perpustakaan, prospek kerja, kehidupan kampus dan latar belakang Ilmu Perpustakaan di UB masuk ke dalam Fakultas Ilmu Administrasi. Agar Prodi Ilmu Perpustakaan FIA UB dapat dikenal oleh siswa-siswi SMA khususnya kelas XI dan XII yang seharusnya memiliki pengetahuan mengenai studi lanjut setelah lulus dari sekolah menengah.  Oleh karena itu HMPIP bermaksud menyelenggarakan program HMPIP Sambang Sekolah yang bertema “Mengenal Dunia Ilmu Perpustakaan di FIA UB”.

Acara yang berlangsung pada tanggal 21 Maret 2021 , dengan mengundang Bapak Nurjati Widodo, S.AP.,M.AP selaku Sekretaris Prodi Ilmu Perpustakaan FIA UB, Bapak Endry Putra., S.I.Kom., M.I.Kom selaku Dosen Prodi Ilmu Perpustakaan FIA UB, serta Yudha Wahyu Risdiyansyah selaku Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan FIA UB angkatan 2019, dan di moderatori oleh Fatich Idamatul selaku Mahasiswi Prodi Ilmu Perpustakaan FIA UB angkatan 2018. Acara diawali dengan doa bersama, kemudian berlanjut ke pembukaan oleh Ketua Pelaksana Sambang Sekolah, Tri Puspita Sari dari Ilmu Perpustakaan FIA UB angkatan 2020. Dan dilanjutkan oleh Ketua Himpunan Prodi Ilmu Perpustakaan FIA UB, Khoritul Khayat dari angkatan 2018. Untuk sambutan yang terakhir oleh Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan FIA UB, Dr. Farida Nurani, S.Sos., M.Si.

Masuk dalam inti acara yaitu pemaparan materi. Materi pertama disampaikan oleh Bapak Nurjati Widodo, mengenai seputar Ilmu Perpustakaan FIA UB. Beliau menyampaikan bahwa ilmu perpustakaan merupakan ilmu informasi yang dipraktekan sesuai peradaban. Ilmu perpustakaan merupakan bagian dari ilmu administrasi publik yang mempelajari proses administrasi atau tata kelola yang terarah ke administrasi publik, karena konteks layanan informasi untuk publik. Lebih lanjut, beliau juga menyampaikan terkait penamaan prodi di FIA UB, yang akan terus dikembangkan sesuai dengan nomlektur. Lingkup belajar di prodi ilmu perpustakaan akan belajar masalah arsip serta perpustakaan yang terkait dengan pekerjaan arsiparis atau record manajer. Perusahaan swasta sangat tergantung pada record manajer. Seorang ahli juga dapat menempati jabatan fungsional yg resmi seperti guru dan dosen. Lingkup bahasan prodi berbicara masalah dua dimensi, konfensional dan di ranah digital.

Untuk pemateri selanjutnya yakni dari Bapak Endry Putra, Dosen Prodi Ilmu Perpustakaan FIA UB. Materi yang disampaikan oleh Bapak Endry Putra yakni mata kuliah yang dipelajari di Ilmu Perpustakaan FIA UB, serta prospek kerja untuk kedepannya.  Beliau menyampaikan bahwa zaman sekarang sudah tidak disebut perpustakaan lagi, namun berganti istilah menjadi GLAM. GLAM dapat digunakan sebagai singkatan untuk Galleries, Libraries, Archives, and Museums (Galeri, Perpustakaan, Arsip, dan Museum). Beliau juga menyampaikan mata kuliah yang dipelajari, seperti Manajemen Koleksi, Manajemen Rekod, Tata Kelola Arsip, Kewirausahaan hingga Bibliometrika. Jadi, dalam Ilmu Perpustakaan kita tidak hanya belajar tentang menata buku saja, namun lebih besar lagi dari itu. Untuk prospek kerja lulusan dari Ilmu Perpustakaan pun sangat beragam bisa menjadi information spesialis, pns, kominfo, perpusnas, anri, bahkan di dunia masa media, hingga bagian administrasi. Untuk yang terakhir, beliau memberikan pesan kepada kita semua bahwa  “Anda mempunyai waktu untuk menyiapakan diri dari sekarang. Belajar dapat dilakukan selama kita hidup.

Untuk pemateri yang terakhir, yakni dari Yudha Wahyu Risdiyansyah, yang menyampaikan tentang kehidupan kampus di Prodi Ilmu Perpustakaan FIA UB dari sudut pandang mahasiswa. Ia menjelaskan bahwa mahasiswa – mahasiswi dari Prodi Ilmu Perpustakaan tidak semuanya kutu buku ataupun introvert. Mahasiswa yang ada pun sangat beragam latar belakangnya, sehingga kita semua bisa melaksanakan kegiatan secara bersama – sama. Dosen – dosen yang ada juga sangat kompeten di bidangnya masing – masing, sehingga dapat lebih mudah memahami apa yang disampaikan. Untuk kehidupan kampus, Yudha menyampaikan bahwa bebas bagi kita untuk mau mengikuti suatu organisasi atau tidak, sesuai keinginan diri sendiri. Di kampus sendiri ada banyak lomba yang bisa diikuti, seperti karya tulis ilmiah dan lain sebagainya. Dan terakhir, penutup dari Yudha ia menyampaikan kalau “pilihan prodi merupakan hak masing – masing orang, karena pilihan sekarang akan menentukan masa depan kalian. Dimanapun pilihan kalian, itu adalah pilihan kalian sendiri”.

Setelah semua pemateri sudah selesai menyampaikan materinya, yang terakhir sebelum penutupan ada sesi foto bersama untuk keperluan dokumentasi panitia. Setelah sesi foto selesai, Acara sambang sekolah pun ditutup dengan doa. Alhamdulilah

 

Artikel Keseluruhan